25 Pendaki Gunung Wilis yang Tersesat Selamat, Satu Pendaki Terpaksa Ditandu

25 Pendaki Gunung Wilis yang Tersesat Selamat, Satu Pendaki Terpaksa Ditandu DITANDU: Satu pendaki Gunung Wilis terpaksa ditandu karena sakit. foto: detik.com

KEDIRI, BANGSAONLINE.com - Sebanyak 25 orang pendaki sempat tersesat di kala berangkat mendaki Kamis (24/12) lalu. Namun mereka akhirnya ditemukan dalam kondisi selamat, Minggu (27/12). Mereka terdiri dari 22 Pecinta Alama Nirawana asal SMKN 1 Blitar dan tiga pendaki asal komunitas Pecinta Alam.

Kepala Sekolah SMKN 1 Blitar, Sugiadi, membenarkan jika murid-muridnya melakukan pendakian. Namun tanpa memberitahukan pihak sekolah. "Info dari Bapak Arga selaku pendamping PA, mereka sudah ditemukan," kata Sugiadi, Minggu (27/12) dikutip dari detik.com.

"Mereka berangkat atas nama pribadi, makanya juga tidak didampingi pembina PA-nya. Kalau atas nama sekolah, saya pasti menugaskan Pak Arga untuk mendampingi sehingga kejadian seperti semalam kemungkinan tidak sampai terjadi," papar Sugiadi.

Sementara Arga, selaku pembina PA Nirwana Pala membenarkan, bahwa anak didiknya dalam kondisi baik. Meski satu pendaki dinyatakan kondisinya masih lemah. "Mereka sudah telpon saya. Semua lengkap dan kondisinya baik. Hanya satu yang terlalu capek, sekarang posisi mereka di Penampihan sedang menunggu mobil carter jemputan untuk pulang menuju Blitar," jelas Arga.

Tim Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten mendengar kabar pendaki asal Blitar tersesat. "Semalam kami terus koordinasi terkait kabar tersebut. Sebab tidak ada pemberitahuan awal jika hendak mendaki ," kata Plt Kepala BPBD Kabupaten Hariwahyu, Sabtu (26/12) malam.

Hari mengaku terus koordinasi dengan tim Rapi, SAR, dan Tagana. merupakan gunung sangat luas karena menghubungkan Kabupaten , Kabupaten Tulungagung, Kabupaten Nganjuk, Kabupaten Madiun, Kabupaten Ponorogo, dan Kabupaten Trenggalek.

mempunyai kawasan hutan Dipterokarp Bukit, hutan Dipterokarp Atas, hutan Montane, dan hutan Ericaceous atau hutan gunung.

Sementara, itu dari 25 Pecinta Alam (PA) Nirwana Pala dari SMKN 1 Blitar, terpaksa ditandu karena sakit, setelah sempat tersesat di , Minggu (27/12/2015).

Lihat juga video 'BI Kediri Gelar Bazar Pangan Murah Ramadhan 2024':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO