Sprinkel Tak Fungsi, Lt 17 BRI Tower Terbakar

Sprinkel Tak Fungsi, Lt 17 BRI Tower Terbakar ?Anggota Pemadam Kebakaran cukup sulit memadamkan api, karena posisinya di lantai 17, yang cukup tinggi. foto:rusmiyanto/BANGSAONLINE

SURABAYA (bangsaonline)- Lantai 17 Plaza BRI Tower di jalan Basuki Rahmad Surabaya Senin (28/4) pukul 12.00 terbakar. tidak sempat meluas ke gedung lain yang memiliki tingka 22 ini.

Sumber kebakaran di lantai 17 merupakan perkantoran Telkomsel. Kurang lebih 10 unit PMK berkapasitas air besar diturunkan, untuk menjinakan ganasnya kobaran api selama 2 jam. Tidak ada korban jiwa dalam kejadian tersebut.

Proses evakusi 750 penghuni gedung itu berlangsung panik dan dramatis. Lift otomatis langsung mati, mereka seluruhnya harus lewat tangga darurat dari lantai 22 hingga ke bawah.

Salah penghuni gedung yang ditemui bangsaonline, Galuh (26) warga Sidoarjo, bekerja di PT. Mitsui berada dilantai V gedung BRI Tower, menceritakan kepanikannya. "Saya waktu itu setelah usai salat dari lantai 2 dan akan makan keluar. Tiba-tiba terdengar alarm bahaya dan melihat kepulan asap dari lantai atas," ujarnya.

Di lantai 17 yang merupakan perkantoran administrasi Telkomsel ada lebih kurang 55 karyawan. Kondisi mereka lebih panik dari karyawan yang ada di lantai lain karena pusat keluarnya asap.

Salah satu karyawan Telkomsel dibagian pemasaran saat ditemui wartawan di warung luar gedung BRI Tower, Bagus (25) asal Semarang memberikan keterangan kejadianbermula pukul 12.00 WIB. Ketika itu dia sedang bersama teman-temanya bersantai di resto samping kantor Telkomsel. Tiba-tiba dari plafon ruang resto keluar asap. Penasaran, Bagus bersama temanya melihat dengan teliti timbulnya asap dari mana. Setelah dilakukan penulusuran ternyata asap bermula dari ruang rapat Telkomsel.

Betapa kagetnya para karyawan ketika membuka pintu ruang rapat, asap tebal keluar dengan cepat dan menyelimuti gedung lantai 17.

"Kita akan melakukan pemadaman dari keluarnya asap, namun saat kita cari pusat apinya di resto tersebut ternyata tidak kita temukan," ujarnya. Karena panik, karyawan lantai 17 berhamburan keluar melalui tangga darurat.

"Melihat asap begitu tebal kita ketakutan dan mengambil keputusan untuk menyelamatkan diri,"ujar Bagus.

Lihat juga video 'Api Habiskan Rumah Warga Bulukumba':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO