Motor Dibakar, Jambret di Desa Sarirogo Sidoarjo Remuk Dimassa

Motor Dibakar, Jambret di Desa Sarirogo Sidoarjo Remuk Dimassa RESIDIVIS: Tersangka Jaya Santoso yang tubuhnya penuh tato ketika diamankan di Mapolsek Kota Sidoarjo. foto: catur andy erlambang/ BANGSAONLINE

SIDOARJO, BANGSAONLINE.com - Emosi massa di Dusun Luwung Desa Sarirogo Kecamatan Sidoarjo tak terbendung lagi ketika mereka berhasil menangkap pelaku penjambretan, Jaya Santoso (33) warga Desa Merjoyo RT 02 RW 05 Kecamatan Trowulan, Mojokerto. Tanpa dikomando, massa yang beringas menghajar pria yang tubuhnya penuh tato ini, Senin malam (4/1) kemarin. Tak puas hanya digebuki hingga babak belur, massa yang emosional juga membakar sepeda motor pelaku penjambretan

"Bakar saja, bakar saja, biar kapok," teriakan beberapa massa yang emosional.

Massa sangat geram karena di kawasan tersebut sering terjadi tindak kejahatan seperti jambret, rampas perhiasan dan rampas kendaraan. Tak heran dalam sekejap, massa dengan beringas segera membakar sepeda motor Suzuki Skyway yang digunakan Jaya Santoso melakukan penjambretan hingga menjadi abu dan tersisa rangkanya saja.

Informasi yang berhasil dihimpun, kejadian berawal ketika Yuyun Karuniawati (22) warga Dusun Jabuk RT 17 RW 5 Desa Cangkringsari Kecamatan Sukodono mengenderai sepeda motor Honda Beat warna biru Nopol AE-6532-VN setelah pulang dari bekerja di Mall Suncity. Ibu muda yang mengaku sedang hamil 4 bulan itu, melintasi Jalan Raya Dusun Luwung Desa Sarirogo Kecamatan Sidoarjo.

"Saya sudah curiga kalau ada yang membuntuti dari belakang. Lalu, pelaku berusaha memepet saya dan menarik tas yang saya bawa hingga putus talinya. Setelah berhasil menarik tas saya, tersangka langsung kabur dan saya teriaki jambret," kata Yuyun.

Mendengar teriakan tersebut, warga yang berada di sekitar kejadian ikut melakukan pengejaran. Karena ketakutan, Jaya Santoso yang kabur, sesampai di pertigaan depan depan SMP/SMU YPM Desa Sarirogo, jatuh tersungkur bersama motor yang dikendarainya karena menabrak mobil dari arah belakang. Akibatnya, warga berlarian dan menghujam tersangka dengan pukulan dan lemparan batu. Beruntung, polisi yang sedang patroli segera mengamankan pelaku sebelum tewas karena jadi bulan-bulanan.

"Setelah dihajar massa dan sepeda motor di bakar, tersangka diamankan di Mapolsek Kota Sidoarjo," ujar Kanit Reskrim Polsek Kota Sidoarjo, Aiptu Sulasno, Selasa (5/1).

Di hadapan penyidik, tersangka Jaya Santoso mengaku kepepet melakukan aksi penjambretan. Alasannya, dia butuh uang untuk persiapan selamatan tingkepan bayi yang dikandung istrinya memasuki ke 7 bulan.

"Barang yang berhasil dirampas, adalah sebuah tas cangklong warna hijau, berisikan sebuah dompet dan uang tunai senilai Rp 319 ribu, ATM Bank BRI, serta satu ponsel merk Nokia," imbuh Aiptu Sulasno.

Ternyata, berdasarkan catatan yang ada, tersangka merupakan residivis karena pernah melakukan kejahatan penjambret di kawasan Surabaya. Tetapi, nekat melakukan kejahatan lagi di wilayah hukum Polres Sidoarjo dan tidak jera. Saat ini, tersangka bersama barang bukti yakni tas korban dan sepeda motor tersangka yang dibakar warga tersebut diamankan di Mapolsek Kota Sidoarjo. (cat/sho/rev)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Lihat juga video 'Detik-Detik Pencurian Sepeda Motor di Krian Sidoarjo Terekam CCTV, Pelaku Mengenakan Seragam Ojol':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO