Ical Malu-malu Maju jadi Ketua Wantim, Ketum Golkar Dinilai bakal jadi 'Boneka'

Ical Malu-malu Maju jadi Ketua Wantim, Ketum Golkar Dinilai bakal jadi Aburizal Bakrie dan Agung Laksono.

JAKARTA, BANGSAONLINE.com - Ketua DPP Partai hasil Munas Jakarta, Dave Laksono menilai Ketua Umum Partai mendatang berpeluang menjadi 'boneka', seiring rencana kubu Aburizal Bakrie memperkuat atau memperluas kewenangan Dewan Pertimbangan (Wantim).

"Memang ada pemikiran seperti itu (Ketua Umum hanya menjadi boneka Dewan Pertimbangan). Jadi arahnya sepertinya Ketua Umum dikendalikan Dewan Pertimbangan," kata Dave, di Jakarta, Selasa (26/1).

Dave menekankan Dewan Pertimbangan tidak boleh memiliki posisi yang dapat mengatur seorang ketua umum, sebab ketua umum adalah sosok yang akan berhadapan langsung dengan publik.

"Sekarang pemikiran kritis masyarakat kuat. Yang berhadapan dengan publik kan ketua umum, kalau ketua umum di bawah kendali dewan pertimbangan susah juga," kata Dave.

Anak kandung Ketua Umum hasil Munas Jakarta Agung Laksono itu mengatakan penguatan kewenangan Dewan Pertimbangan pernah terjadi pada era kepemimpinan Presiden Soeharto.

Menurut dia, kala itu penguatan kewenangan Dewan Pertimbangan diperlukan karena secara sistem kekuasaan mengerucut kepada presiden. "Tapi sekarang sudah bertransformasi. sekarang menjadi partai yang terbuka, siapa saja bisa masuk," ujarnya.

Bagi Dave, sebaiknya penguatan dilakukan terhadap kepengurusan partai di level bawah. Penguatan kewenangan Dewan Pertimbangan, kata dia, akan menjadikan lembaga tersebut sangat kuat dan menyandera Ketua Umum. "Kita jangan terkungkung pemikiran fasis. Perpecahan itu kan karena pimpinannya selama lima tahun kurang aspiratif," kata dia.

Sebelumnya melalui Rapat Pimpinan Nasional (Rapimnas) 2016, kubu Aburizal mewacanakan adanya perluasan kewenangan Dewan Pertimbangan .

Belum diketahui pasti bentuk perluasan kewenangan itu seperti apa, namun wacana ini digulirkan seiring keputusan Aburizal tidak akan mencalonkan diri kembali sebagai Ketua Umum pada Munas mendatang.

Di sisi lain, ketika dikabarkan akan maju menjadi Ketua Dewan Pertimbangan Partai , Aburizal Bakrie (Ical) tampak malu-malu. Saat dikonfirmasi hal ini, Ical mengaku menyerahkan semuanya ke para fungsionaris DPP, karana pihaknya belum bisa menentukan hal itu sendirian.

"Kita serahkan ke pengurus yang baru," ujar Ical saat Rapimnas .

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO