Sidoarjo Gandeng Korea Kembangkan Desa Mandiri Berbasis IT

Sidoarjo Gandeng Korea Kembangkan Desa Mandiri Berbasis IT KERJA SAMA: Kepala Dinas PU Bina Marga (kanan) dan Director KLID Mr Chris Kang (tengah) disaksikan Kabag Kerjasama Pemkab Sidoarjo Ari Suryono (kiri) meneken MoU Desa Mandiri Berbasis IT, di Pendopo Delta Wibawa, Rabu, (13/4). foto: mustain/ BANGSAONLINE

SIDOARJO, BANGSAONLINE.com - Kabupaten Sidoarjo bakal mengembangkan Desa Mandiri Berbasis Informasi Teknologi (IT) dengan menggandeng Korea. Tujuannya untuk mengangkat potensi lokal desa-desa di Kabupaten Sidoarjo.

Rencana tersebut diawali dengan penandatanganan nota kesepahaman (MoU) yang dilakukan Bupati Sidoarjo diwakili Kepala Dinas PU Bina Marga Sigit Setyawan dengan Director Korea Local Information Research and Development (KLID) Mr Chris Kang di Pendopo Delta Wibawa, Rabu (13/4).

Sebelum MoU, kedua belah pihak memaparkan kondisi terkini terkait pemanfaatan IT untuk penyelenggaraan pemerintahan dan pelayanan publik.

"Perkembangan terkini, penyelenggaraan pembangunan banyak menggunakan IT. Dan Korea ternyata sudah lebih dulu menerapkannya. Sehingga kami berharap Sidoarjo tidak ketinggalan dalam pemanfaatan IT dalam pelayanan publik," cetus Kepala Dinas PU Bina Marga Sidoarjo Sigit Setyawan.

Menurut Sigit, kerjasama dengan Korea ini sebagai pengembangan hasil pertemuan forum Citynet, jaringan kota-kota di Asia Pasifik, yang digelar di Hanoi, Vietnam, awal Maret lalu.

Saat itu, delegasi Kabupaten Sidoarjo, memaparkan konsep penanganan jalan rusak di Kabupaten Sidoarjo, yang menggunakan aplikasi M-Bonk, di mana masyarakat bisa melaporkan adanya jalan rusak melalui ponsel android.

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO