Lestarikan Masakan Tradisional, Dinas Pariwisata Ponorogo Gelar Festival Kuliner

Lestarikan Masakan Tradisional, Dinas Pariwisata Ponorogo Gelar Festival Kuliner Dewan juri sedang mencicipi kreasi peserta lomba.

PONOROGO, BANGSAONLINE.com - Semakin gencarnya serbuan Produk-produk makanan dari luar negeri memaksa pangan Tradisional Indonesia makin terpinggirkan dan ditinggalkan masyarakat.Hal ini lah yang melandasi kegiatan yang bertajuk ”Festival lomba kuliner tradisional Khas Jawa Timur” yang digelar Dinas Pariwisata Kabupaten bertempat di Taman Kota, Jalan Pramuka, , Sabtu (28/05). Acara dihadiri Pokja III PKK kabupaten , Kepala Dinas Pariwisata Drh. Sapto Djatmiko, pengelola Rumah Makan/restaurant se kabupaten .

Antusiasme pengunjung pada festival tersebut cukup tinggi dan sebagian dari mereka tampak serius menyaksikan lomba kuliner yang diikuti lima belas peserta baik dari rumah makan, restauran, perusahaan catering, perorangan maupun dari sekolahan. Bertindak selaku juri adalah Bagus Supomo, eksekutif direktur Sekolah Hotel Surabaya dan didampingi oleh dua orang dari Indonesia Chief Association (ICA).

Baca Juga: Seru! Sugiri-Ipong Tanding Ulang pada Pilbup Ponorogo 2024

Beragam makanan khas Jawa Timur seperti, ayam lodho, lodeh gude labu Siam, urapan, tempe kemul kemangi, perkedel jantung pisang, sayur tempe klothok tersaji di stan-stan peserta festival. Aneka macam sambal juga muncul, seperti, sambal petai, sambal nanas, bawang dan sambal kemiri. Dan juga aneka minuman khas , es dawet Jabung, es cao dan wedang rempah-rempah.

Menurut Ketua Panitia Festival Makanan Jawa Timur, Siti Hanifah, S.STP, M.Si selaku Kabid Jasa dan Prasarana Wisata Disbud Pariwisata Pemuda dan Olah Raga Kabupaten menjelasakan, festival kali ini diikuti oleh 15 pengusaha kuliner. Pada babak penyisihan, para peserta menampilkan beragam kreasi makanan khas Jatim.

Kepala Dinas Pariwisata Drh. Sapto Djatmiko dalam sambutannya mengatakan, acara ini merupakan agenda rutin dengan tujuan untuk melestarikan budaya, khususnya kuliner. “Karena rasa kuliner kita tidak kalah dengan kuliner dari luar negeri,” ujar Sapto.

Baca Juga: Empat Remaja di Ponorogo Alami Luka Usai Balon Udara yang Diterbangkan Meledak

Lebih lanjut Sapto Djatmiko mengatakan, dalam Festival Lomba Kuliner ini nanti pemenangnya akan mewakili Kabupaten untuk mengikuti perlombaan di Tingkat Kabupaten di Jawa Timur. Tujuan lomba adalah untuk menjadikan makanan khas sebagai program wisata kuliner unggulan , sekaligus sebagai ajang promosi jajanan khas dan makanan khas kepada masyarakat luas. Selain itu lomba ini juga memberikan motivasi atau dorongan kepada pelaku pengusaha kuliner di Kabupaten .

“Melalui event semacam ini kita akan membangkitkan gairah kuliner, ditengah situasi perekonomian yang sulit seperti saat ini, hanya kreativitaslah yang akan memenangkan persaingan,” ungkap Sekretaris PHRI , Rizal.

Sementara itu, Bagus Susanto Ketua Tim Juri mengatakan, semua makanan yang disajikan sebenarnya sudah sangat bagus, namun karena mungkin dari kultur daerah yang berbeda sehingga semuanya cenderung pedas. (po2/jar/ns)

Baca Juga: Dibuka Hari ini, SMKN 1 Jenangan Ponorogo Jadi Tempat LKS di Kota Madiun

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO