Peringatan Hari Jadi Ngawi ke-658, Bupati Ziarah Leluhur

Peringatan Hari Jadi Ngawi ke-658, Bupati Ziarah Leluhur Bupati Ngawi Ir H Budi Sulistyono melakukan ziarah kubur ke makam leluhur dan sesepuh Ngawi.

NGAWI, BANGSAONLINE.com - Bupati Ngawi Ir H Budi Sulistyono didampingi pasangannya, Ony Anwar ST, bersama forpimda mengadakan ziarah ke makam leluhur atau sesepuh Ngawi, Senin (18/7). Ziarah makam leluhur bagi jajaran Pemkab Ngawi sudah menjadi agenda rutinitas tiap tahunnya. Di antaranya makam Pahlawan, makam RM Tumenggung Poerwodiprodjo (Bupati Ngawi 1887-1902), makam R Adipati Kertonegoro, makam Patih Pringgo Koesoemo, serta makam R Patih Ronggolelono dan Putri Cempo.

Hal ini tidak bisa ditinggalkan, karena sangat penting. Kegiatan ini sebagai salah satu tradisi dalam memperingati Hari Jadi Kabupaten Ngawi ke- 658. Sebelum melakukan segala kegiatan yang berkaitan dengan peringatan Hari Jadi Kabupaten Ngawi. Hal ini sudah menjadi tradisi semenjak dari para pemimpin di Ngawi mulai dari dahulu. Sebelum memperingati hari jadi, bupati dan pasangannya mengadakan ziarah ke makam leluhur atau pendahulu daerah Ngawi.

Memang tampak kebalikannya dengan tetangga sebelah. Kalau Kabupaten Madiun menggelar upacara peringatan hari jadi, setelah itu ziarah ke makam leluhur di tengah rangkaian acara peringatan hari jadi. Sedang di Kabupaten Ngawi, sebelum mengadakan upacara peringatan hari jadi, para pemimpin di Kabupaten Ngawi mengadakan ziarah ke makam leluhur dahulu.

Rombongan bupati dan wakil bupati bersama rombongan forpimda sebelum memasuki area makam disambut oleh siswa siswi SD yang baru masuk sekolah. Setelah itu, bupati bersama rombongan disambut oleh camat setempat dan mengadakan doa bersama yang dipimpin oleh kepala KUA Ngawi.

Yang lebih istimewa ternyata pada saat ziarah makam leluhur pada hari Senin bertepatan dengan hari ulang tahun Kanang, sapaan akrab bupati Ngawi. Jadi secara mendadak tatkala selesai nyekar (tabur bunga) di halaman makam, Kanang mendapatkan tumpeng dari camat Ngrambe.

Akhirnya di halaman makam sempat mengadakan selamatanjuga mendoakan untuk kelangsungan karier dan kesehatan bagi orang nomor satu di Ngawi ini oleh kepala KUA.(nal/ns)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO