Peringatan Hari Santri di Sidoarjo, Kartolo Cs Bahas Bahaya Narkoba hingga Keunggulan Pesantren

Peringatan Hari Santri di Sidoarjo, Kartolo Cs Bahas Bahaya Narkoba hingga Keunggulan Pesantren ISU KONTEMPORER: Ketua DPRD Sidoarjo H Sullamul Hadi Nurmawan bersama pelawak Kartolo Cs, dalam peringatan HSN, di Alun-alun Sidoarjo, Jumat (21/10) malam. foto: mustain/ bangsaonline

SIDOARJO, BANGSAONLINE.com - Peringatan (HSN) 2016 di Kabupaten juga dimanfaatkan Pemkab untuk kampanye pencegahan dan penanggulangan bahaya narkoba. Cara kampanye cukup unik, melalui dialog-dialog dan joke-joke segar yang dibawakan pelawak Kartolo Cs, dalam Pagelaran Seni Budaya, di Alun-alun , Jumat (21/10) malam.

Kartolo mengawali jalannya pentas ludrukan dengan kidungan khas Suroboyoan. Lalu disusul dialog dengan pelawak Sapari. Pesan moral agar masyarakat menjauhi narkoba terlihat saat salah satu pemain lainnya, Dewi, tiba-tiba sambat kepalanya pusing. Keluhan itu sontak dijawab Sapari yang mengaku dirinya punya pil. "Aku duwe pil iki," cetus Sapari.

Jawaban Sapari itu lalu disambar Kartolo yang menanyakan pil apa yang dimilikinya. Kartolo lantas spontan memanggil Kepala Badan Narkotika Nasional Kabupaten (BNNK) AKBP Supriyanto, yang duduk di deretan kursi VIP, untuk naik panggung. "Lha ini pak Pri yang bisa menjelaskan soal pil," kata Kartolo.

Di depan warga yang menyaksikan ludruk Kartolo CS ini, AKBP Supriyanto lalu menjelaskan bahaya penyalahgunaan narkoba. "Kalau menyalahgunakan narkoba, nanti kalian ditangkap pak Kapolres. Ini orangnya juga sekarang hadir," cetus Supriyanto menunjuk ke arah Kapolresta Kombespol Muh Anwar Nasir yang duduk di kursi VIP bersama Bupati , H Saiful Ilah, Wabup H Nur Ahmad Syaifuddin dan Ketua DPRD H Sullamul Hadi Nurmawan.

AKBP Supriyanto menjelaskan, pihaknya juga mempunyai klinik rehabilitasi untuk mengobati para pecandu agar sembuh dan lepas dari ketergantungan narkoba.

Selain kampanye bahaya narkoba, penampilan ludruk Kartolo Cs ini juga menyentil isu kekinian, misalnya sejumlah wilayah yang kerap terendam banjir saat hujan deras mengguyur. Ini berlangsung saat Kartolo, beberapa saat setelah pentas dimulai, meminta Bupati H Saiful Ilah naik ke panggung.

Lihat juga video 'Kecelakaan Karambol di Medaeng Sidoarjo, Truk Tabrak Tiga Mobil Hingga Terguling':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO