Sidang Umum Interpol di Bali, Polair Sisir Selat Bali

Sidang Umum Interpol di Bali, Polair Sisir Selat Bali

BANYUWANGI, BANGSAONLINE.com - Sebanyak 350 personel gabungan dari Kepolisian, TNI, ASDP dan pegiat pelestarian laut Kelompok Usaha Bersama (KUB) Pesono Bahari serta Kelompok Masyarakat Bangsring Boat mengikuti apel gelar pasukan di pintu masuk Pelabuhan ASDP Ketapang, Senin (7/11). Kegiatan ini dalam rangka Pembukaan Sidang Umum Interpol pada 7-10 November 2016 di Bali oleh Wapres Jusuf Kalla.

Apel dipimpin Kapolres AKBP Budi Mulyanto SIK. Kabagops Kompol Sujarwo, Kasatpolair AKP Subandi, Kasatintel AKP Bambang TB, Kasat Sabhara AKP Basori Alwi dan Kapolsek Pelabuhan Tanjungwangi (KPT) AKP Sudarmaji turut pula mengikuti apel.

Kepada para pasukan yang siaga di tengah terik matahari itu, AKBP Budi Mulyanto, meminta agar pasukannya terus menggiatkan Tiada Hari Tanpa Razia (THTR) dengan memeriksa mobil distribusi barang dan jasa yang menuju Bali.

“Total ada 350 personil. Dari Kepolisian 300 orang, TNI AL 20 personil dan TNI AD 30 anggota. Pasukan ini bertugas sampai sidang Interpol tuntas,” terang Kapolres kepada awak media usai memimpin apel.

Pengamanan ini menjadi penting karena pertemuan polisi internasional tersebut diikuti kurang lebih 189 negara. Ini merupakan kepercayaan dunia internasional karena belum tentu dua puluh tahun sekali pertemuan serupa digelar di Indonesia.

Selain mengamankan Pelabuhan Ketapang, aparat juga mengamankan sejumlah pelabuhan tradisional yang tersebar di . “Patroli laut juga kita adakan terutama di kawasan Kabat, Rogojampi dan Muncar yang memiliki pelabuhan-pelabuhan kecil tempat sandar perahu nelayan tradisional,” terang dia.

Usai apel, Satpolair Polres langsung menjalankan perintah Kapolres AKBP Budi Mulyanto. Kapal Polisi X 1033 milik Satpolair yang sandar di Pelabuhan Tanjungwangi langsung bergerak menuju Pelabuhan ASDP Ketapang dipimpin Kasatpolair AKP Subandi.

Lihat juga video 'Cuaca Kurang Bersahabat, Pelabuhan Ketapang-Gilimanuk Ditutup':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO