PT. BMI Buang Limbah Industri di TPA, Warga Perumahan Tambora Keluhkan Bau Busuk

PT. BMI Buang Limbah Industri di TPA, Warga Perumahan Tambora Keluhkan Bau Busuk Limbah berbahaya. foto: ilustrasi

LAMONGAN, BANGSAONLINE.com - PT. Bumi Menara Internusa (BMI) yang berlokasi di Desa Rejosari Kecamatan Deket Lamongan ternyata membuang limbah industrinya di Tempat Pembuangan Sampah (TPA) umum Desa Tambakrigadung Kecamatan Tikung yang letaknya tidak jauh dari perumahan Tambora.

Menurut keterangan, dengan menggunakan truk selayaknya angkutan karyawan, armada PT. BMI tersebut membuang limbah industri maupun sampah karyawan.

“Praktik pembuangan limbah sendiri tergolong rapi. Awalnya, pihak pabrik berkomunikasi dengan salah satu pegawai TPA. Usai mendapat kabar, oknum ini langsung membuat kubangan pada sampah sebagai tempat pembuangan limbah. Meski demikian, kalau malam hari bau busuk juga masih tembus ke perumahan warga,” ungkap DK, salah satu warga yang setiap harinya mengais sampah di tempat tersebut.

Setelah kubangan siap, kata DK, armada ini langsung datang. Untuk mengelabui petugas lainnya, pada bagian atas muatan hanya terdapat sampah rumah tangga saja seperti kardus dan plastik sisa makanan.

“Namun, di bagian bawah tumpukan sampah mereka lantas menurunkan semua limbah industri seperti potongan udang yang sudah penuh dengan belatung serta limbah cair yang ditempatkan pada kantong palstik dan beberapa tong berukuran besar,” imbuhnya.

Awalnya, siapapun tak menyangka jika armada yang didesain khusus untuk angkutan orang ini memuat bahan-bahan berbahaya dari hasil pengolahan udang, serta peralatan produksi lainnya seperti sarung tangan dan limbah lainnya. Pasalnya, PT. Bumi Menara Internusa (PT. BMI) sendiri merupakan sebuah perusahaan yang setiap harinya mengekspor olahan udang ke luar negeri khususnya negara Jepang.

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO