Selasa, 14 Juli 2020 07:32

Atasi Bau Limbah Pasar Ikan, Perumda Pasar Lamongan Siapkan Bak Kontrol

Selasa, 30 Juni 2020 15:55 WIB
Editor: Nizar Rosyidi
Wartawan: Nurqomar Hadi
Atasi Bau Limbah Pasar Ikan, Perumda Pasar Lamongan Siapkan Bak Kontrol
Pembersihan selokan di lokasi pasar ikan.

LAMONGAN, BANGSAONLINE.com - Berbagai upaya telah dilakukan Perusahaan Umum Daerah (Perumda) Pasar Kabupaten Lamongan untuk mengatasi bau tak sedap limbah Pasar Ikan Lamongan. Upaya yang dilakukan, yakni pengerukan selokan dan membuat bak kontrol limbah.

Direktur Perumda Pasar Lamongan, Suhartono ketika ditemui BANGSAONLINE.com di lokasi pengerukan selokan dan gorong-gorong mengatakan, pihaknya terus melakukan perbaikan fasilitas yang ada di lokasi pasar.

"Kini kita sedang melakukan pembersihan selokan dan membuat bak kontrol limbah dengan maksud mengurangi bau limbah yang kurang sedap," ujar Suhartono, Senin (30/6/2020) siang.

Dijelaskan Suhartono, sebenarnya UPT Pasar Ikan Lamongan sudah memiliki dua Instalasi Pengolahan Air Limbah (IPAL), tetapi karena banyaknya volume limbah, pengolahan pun tidak bisa maksimal. "Selain volumenya tinggi, kondisi geografis pasar sangat rendah, sehingga air limbah sulit masuk ke dalam saluran IPAL yang sudah ada," ujarnya.

Adapun untuk mengatasi hal tersebut, tambah Suhartono, pihaknya yang baru menjabat beberapa bulan terus berupaya untuk memaksimalkan beberapa fasilitas, di antaranya fungsi IPAL di Pasar ikan Lamongan.

"Kita akan membuat bak kontrol yang nanti akan kita tempatkan di bagian tengah untuk mempermudah aliran air limbah yang dari selokan mengitari area pasar, kini selokan terus kita bersihkan," ujarnya.

Diakui Suhartono, memang memasuki musim kemarau bau limbah pasar ikan yang terdiri dari bangkai ikan, sisik, dan kotoran lainnya sangat terasa karena tidak bisa mengalir ke IPAL yang sudah tersedia.

"IPAL yang ada sudah jalan, tetapi karena masih ada limbah yang ngendon (tidak mengalir), akhirnya menimbulkan bau," pungkasnya. (qom/zar)

Disnak Jatim Pastikan Telur yang Beredar Aman dan Sehat untuk Dikonsumsi
Rabu, 20 November 2019 13:57 WIB
Kepala Disnak Jatim, Wemmi Niamawati melakukan kampanye telur ayam Jawa Timur sehat, bebas zat beracun bersama staf di halaman Kantor Disnak Jatim.Dinas Peternakan Provinsi Jawa Timur dengan melaksanakan kampanye "Telur Ayam Jawa Timur Sehat Bebas Za...
Rabu, 11 Maret 2020 22:53 WIB
SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Keindahan alam di Jawa Timur adalah potensi wisata yang luar biasa. Salah satunya, Taman Wisata Genilangit di Kecamatan Poncol, Kabupaten Magetan. Gubernur Jatim, Khofifah Indar Parawansa datang langsung ke ikon wisata di...
Jumat, 10 Juli 2020 21:04 WIB
Oleh: Ibnu Rusydi Sahara*“Sampean dari Surabaya?” Teman saya kerap menerima pertanyaan itu, manakala turun dari bus antarkota yang membawanya dari Surabaya di beberapa kota di Jawa Timur. Yang bertanya tukang ojek. Yang biasa mangkal di sep...
Senin, 13 Juli 2020 23:23 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*25. Walabitsuu fii kahfihim tsalaatsa mi-atin siniina waizdaaduu tis’aanDan mereka tinggal dalam gua selama tiga ratus tahun dan ditambah sembilan tahun.26. Quli allaahu a’lamu bimaa labitsuu lahu ghaybu als...
Senin, 13 Juli 2020 22:40 WIB
>>>>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Prof. Dr. KH. Imam Ghazali Said, M.A.. Kirim WA ke 081357919060, atau email ke bangsa2000@yahoo.com. Jangan lupa sertakan nama dan alamat...