Belajar Kelola Limbah Tinja, Pemkot Payakumbuh Terbang ke Lamongan

Belajar Kelola Limbah Tinja, Pemkot Payakumbuh Terbang ke Lamongan Sekretaris Dinas Perkim Lamongan, Siti Zulkhah, saat mengajak Tim dari Pemkot Payakumbuh, Sumatra Barat, melihat IPLT di Dapur Utara Kelurahan Sidokumpul.

LAMONGAN, BANGSAONLINE.com - Pemerintah Kota (Pemkot) Payakumbuh, Sumatra Barat, melakukan kunjungan kerja ke Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman (Perkim) , Selasa (19/10). Tujuan kedatangan tim dari Dinas Perkim Kota Payakumbuh itu untuk belajar pengelolaan limbah tinja yang telah dilakukan oleh Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lamongan.

Tim yang dipimpin langsung Kepala Dinas Perkim Kota Payakumbuh, Marta Miranda, diterima oleh Sekretaris Dinas Perkim Lamongan, Siti Zulkhah dan Kepala UPT IPLT, Moh. Zaini.

Dalam kesempatan itu, Siti Zulkhah memaparkan tentang keberadaan Instalasi Pengolahan Lumpur Tinja (IPLT) yang dimiliki sebagai langkah antisipasi untuk mengatasi limbah domestik yang tidak hanya menjadi problem masyarakat, tapi juga pemerintah daerah. Unit Pelaksana Teknis Daerah (UPTD) IPLT itu berada di Dapur Utara Kelurahan Sidokumpul, Kecamatan Lamongan.

"Seiring dengan program jambanisasi yang dilaksanakan , kita terus melakukan sesuatu termasuk adanya IPLT ini. Kita membantu masyarakat agar tidak kesulitan untuk membuang limbah tinja," ujarnya, Selasa (19/10).

Air limbah domestik yang dimaksud adalah air limbah permukiman yang terdiri black water dan grey water. Black water, kata Zulkhah, adalah air limbah domestik (rumah tangga) yang berasal dari tinja manusia, urine, dan air pembersih, sedangkan grey water adalah air limbah domestik yang berasal dari cucian dapur dan pakaian.

Simak berita selengkapnya ...