Tidak Ada Biaya, Jenazah TKI Diduga Ilegal Asal Lumajang Tertahan di Malaysia

Tidak Ada Biaya, Jenazah TKI Diduga Ilegal Asal Lumajang Tertahan di Malaysia Keluarga saat menunjukkan foto Umiasa saat mudanya. foto: IMRON/ BANGSAONLINE

LUMAJANG, BANGSAONLINE.com - Umiasa, Tenaga Kerja Indonesia (TKI) asal Kecamatan Randuagung, Kabupaten dikabarkan meninggal di Malaysia sejak satu minggu yang lalu. Namun, hingga saat ini jenazah perempuan 39 tahun itu belum bisa dipulangkan ke kampung halamannya, lantaran terkendala persoalan administrasi dan biaya.

Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Tranmigrasi (Disnakertans) Drs. Suharwoko menyebut, saat ini jenazah Umiasa masih tertahan di Rumah Sakit setempat.

"Kemungkinan bisa atau tidak pemulangan TKI asal yang meninggal dunia masih sangat bergantung dengan KBRI di Malaysia," katanya, Senin (13/03).

Disnakertrans tidak bisa memulangkan jenazah Umiasa lantaran terkendala biaya. Pasalnya, tidak ada anggaran untuk memulangkan TKI yang meninggal dunia.

Apalagi, kata Suharwoko, yang bersangkutan berangkat secara ilegal, sehingga keberadaannya tidak terdata di Kantor Disnakertrans . “Kita tidak ada anggaran. Yang bersangkutan berangkat secara Ilegal. Jika berangkat secara resmi masih bisa dicover oleh asuransi. Ini sulit karena datanya tidak ada pada kami,” ungkapnya.

Kendati demikian, pihaknya masih tetap berusaha untuk memulangkan jenazah Umiasa melalui KBRI. Saat ini pihaknya masih belum menerima balasan dari KBRI terkait surat yang dikirim oleh Disnakertrans yang sudah dikirim ke KBRI dengan tujuan bisa memulangkan TKI asal dari Malaysia.

“Kalau pihak keluarga sudah pasrah sebenarnya apakah Umiasa dipulangkan atau dimakamkan di Malaysia. Tapi kami harus berusaha agar pemulangan jenazah Umiasa bisa dilaksanakan. Sekarang ini jenazah masih berada di salah satu rumah sakit di Malaysia,” ungkapnya.

Sementara di media sosial, makin ramai saja keberadaan TKI asal bernama Umiasa asal kecamatan Randuagung yang hingga saat ini jenazahnya masih tersimpan di rumah sakit setempat.

Lihat juga video 'Duel Maut Dengan Kades Sukosari, Perangkat Desa Jatiroto tersabet Celurit Hingga Usus Keluar':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO