Kekurangan Tempat, KPUD Blitar Manfaatkan Gudang jadi Rumah Pintar Pemilu

Kekurangan Tempat, KPUD Blitar Manfaatkan Gudang jadi Rumah Pintar Pemilu Ketua KPUD Kabupaten Blitar Imron Nafifah menunjukkan maket RPP Penataran. foto: AKINA/ BANGSAONLINE

BLITAR, BANGSAONLINE.com - Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Kabupaten Blitar meresmikan rumah pintar pemilu (RPP) yang diberi nama RPP Penataran, Selasa (11/04). Berbeda dari RPP di daerah-daerah lain, RPP milik KPUD Kabupaten Blitar tersebut didirikan di sebuah bangunan yang sebelumnya digunakan sebagai gudang logistik, yang berada di dalam komplek KPUD Kabupaten Blitar di Desa Pojok, Kecamatan Garum, Kabupaten Blitar.

Ketua KPUD Kabupaten Blitar Imron Nafifah mengatakan, hingga saat ini KPUD Kabupaten Blitar memang belum memiliki bangunan permanen untuk RPP. Sehingga untuk sementara KPUD Kabupaten Blitar memindahkan sisa logistik dari gudang KPUD tersebut ke depo yang juga dipinjam pakai dari Pemkab Blitar di bekas SMK Pemkab. Untuk selanjutnya gudang disulap menjadi RPP.

"Ini kan program wajib dari KPU, sehingga kita mensiasati bangunan yang semula gudang ini untuk RPP. Karena hanya ini ruangan yang tersisa," jelas Imron usai meresmikan RPP Penataran.

Meski didirikan di bekas gudang, namun Imron mengaku, RPP Penataran sudah memenuhi standar RPP. Yakni ketersediaan ruang audio visual, simulasi, display dan forum grup diskusi, serta berbagai permainan agar RPP terlihat menarik.

Imron mengharapkan dengan adanya RPP Penataran tersebut ke depan tingkat partisipasi masyarakat saat pemilu akan semakin tinggi. Dengan hadirnya RPP Penataran, tugas KPUD Kabupaten Blitar dalam masalah sosialisasi jadi lebih ringan. Karena setiap saat masyarakat bisa tahu tentang semua hal terkait Pemilu.

"Harapan kita memang masyarakat lebih memahami proses-proses pemilu, utamanya untuk kelompok masyarakat yang menjadi sasaran utama RPP seperti pemilih pemula, kaum disabilitas, kaum perempuan, masyarakat pinggiran, dan kelompok keagamaan," jelas Imron.

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO