DPRD Jatim Minta Pemprov Sediakan Moda Transportasi Umum yang Representatif

DPRD Jatim Minta Pemprov Sediakan Moda Transportasi Umum yang Representatif

SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Jawa Timur berharap kepada pemerintah Provinsi Jatim untuk menyediakan moda transportasi umum yang representatif di wilayah gerbangkertasusila, yaitu mulai Surabaya, Sidoarjo, Mojokerto, Jombang, Gresik, dan Lamongan.

Usulan itu disampaikan anggota Komisi D DPRD Jatim, Salahuddin. Menurut politisi Partai Amanat Nasional ini, transportasi di wilayah gerbangkertasusila masih jauh dari harapan atau tidak layak. Dirinya menyontohkan bus jurusan Surabaya - Mojokerto yang tidak ada AC dan sering berhenti seenaknya.

"Masalah transportasi umum sebaiknya ditangani oleh pemerintah, agar transportasi benar-benar layak. Pasalnya selama dikelola oleh swasta,  layanan dan moda transportasi umum tidak terawat. Sebab, pihak swasta cenderung hanya mengambil keuntungan saja," tandas Salahuddin, Rabu (3/5).

Salahuddin menambahkan, untuk mewujudkan transportasi yang memadai, pihaknya meminta kepada pemerintah provinsi segera menginisiasi dan mengajak pemerintah kabupaten di sekitar gerbangkertasusila segera mewujudkan moda transportasi massal yang layak.

"Masyarakat gerbang kertasusila saat ini sudah menunggu transportasi yang layak dan ber-AC seperti busway di Jakarta serta Solo," ujar politisi Asal Fraksi PAN Jatim tersebut.

Simak berita selengkapnya ...