Perbanyak Baca Al-Quran dan I'tikaf Memasuki Pertengahan Bulan Ramadhan

Perbanyak Baca Al-Quran dan I Habib Abdul Qadir Bin Zen Al-Jufri (kiri) bersama Habib Abdullah Baharun, Yaman. foto: dok. pribadi

BOJONEGORO, BANGSAONLINE.com - Ramadhan merupakan bulan suci bagi umat Islam. Allah SWT menyiapkan bulan ini untuk kita, dan kesiapan kita dalam memaknai bulan suci menjadi kunci utama. Sebab, di bulan penuh berkah ini Allah SWT telah mengobral pahala untuk umatnya yang mau mengambilnya.

Memasuki pertengahan bulan suci ini, kita harus berusaha semaksimal mungkin untuk lebih mendekatkan diri kepada Allah. Sebab, tujuan akhir daripada ini adalah laallakum tattaquun, menjadi orang yang lebih bertaqwa kepada Allah SWT. Sehingga saat ditinggal bulan Ramadhan, kita menjadi manusia yang mulia di sisi-Nya.

Allah SWT telah berfirman di dalam surat Al-Baqarah ayat 183, "Ya ayyuhalladzina amanu kutiba alaikum al-shiyam kama kutiba a'lalladzina min qablikum la'allakum tattaquun,". Artinya, Hai orang-orang yang beriman diwajibkan atas kamu berpuasa sebagaimana diwajibkan atas orang-orang sebelum kamu, agar kamu lebih bertaqwa.

Tausiyah ini disampaikan Habib Abdul Qadir Bin Zen Al-Jufri, salah satu tokoh agama terkemuka yang tinggal di Dukuh Kebon, Desa Kauman, Kecamatan Baureno, Bojonegoro. Tausiyah itu disampaikan beliau kepada www.bangsaonline.com, Selasa malam (6/6) di kediamannya.

Yik Qodir, sapaan akrabnya, mengibaratkan Ramadhan itu seperti kereta api. Kereta api kalau tidak ada stasiunnya tidak akan berhenti dan tidak jelas arah tujuannya. Begitu juga dalam setahun, bila tidak ada bulan Ramadhan, maka manusia akan berjalan tanpa arah tujuan, bahkan semakin jauh dengan Tuhannya.

"Maka datangnya bulan ini adalah rahmat bagi kita, bulan yang sangat berkah bagi manusia, khususnya yang menjalankan puasa maupun ibadah lainnya. Dengan adanya Ramadhan, makan pun menjadi teratur, sehingga pencernaan juga ikut teratur. Rasulullah SAW bersabda berpuasalah, maka engkau akan sehat baik sehat jasmani maupun rohani," jelasnya.

Lihat juga video 'Semua Penonton Bioskop Disalami, Anekdot Gus Dur Edisi Ramadan (18)':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO