Demokrat Dorong Emil sebagai Pendamping Khofifah

Demokrat Dorong Emil sebagai Pendamping Khofifah Sekretaris DPD Partai Demokrat Jatim Renville Antonio, SH MH.

SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Partai Demokrat adalah salah satu partai pendukung Khofifah Indar Parawansa di pemilihan Gubernur Jawa Timur tahun 2018. Meski belum secara resmi, namun arah dukungan partai yang didirikan oleh Presiden RI ke-6 Susilo Bambang Yudhoyono itu mengarah jelas ke Khofifah.

Dengan modal 13 kursi di parlemen Jawa Timur, Partai Demokrat punya posisi tawar yang tinggi. Apalagi Ketua DPD Partai Demokrat Jatim saat ini, Pakde Karwo adalah Gubernur Jatim. Karena itu sebagai partai penguasa, wajar kalau Demokrat nantinya mendapat peran sebagai koordinator di koalisi partai pendukung. Kemungkinan itu diamini Sekretaris DPD Partai Demokrat Jatim Renville Antonio.

“Harus diakui dalam gerbong koalisi ini, Demokrat yang punya modal politik terbesar. Kami punya jumlah kursi terbanyak dan berstatus sebagai partai penguasa. Namun, tetap semua keputusan dalam koalisi adalah hasil rembug bersama, tidak ada istilah menang-menangan,” beber Renville, Selasa (24/10).

Disinggung soal figur pendamping Khofifah, Renville berharap kader Demokrat yang terpilih. Namun bila melihat realita politik saat ini dengan mengerucutnya dua nama, yakni Ipong Muchlissoni dan Emil Elestianto Dardak. Demokrat lebih memilih mendorong Emil yang saat ini menjabat sebagai Bupati Trenggalek, dibandingkan Ipong yang saat ini adalah Bupati Ponorogo.

Sosok pendamping Khofifah Indar Parawansa mulai ramai dibicarakan oleh partai-partai yang akan mengusungnya di mendatang.

Menurut Wakil Ketua Komisi C DPRD Jatim ini, Partai Demokrat Jatim melihat sosok Bupati Trenggalek tersebut sebagai kandidat yang pas bila disandingkan dengan Khofifah di mendatang. Salah satu alasannya, Emil mudah diterima semua kalangan.

"Emil Dardak adalah sosok yang bisa diterima oleh semua parpol yang akan bersama sama mengusung Khofifah di pilgub nanti," ujar politisi berlatar advokat ini.

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO