Peringati Maulid Nabi, Pemkab Sidoarjo Jualan 6 Ton Bandeng

Peringati Maulid Nabi, Pemkab Sidoarjo Jualan 6 Ton Bandeng JUMBO: Bandeng kawak ditimbang saat Lomba Bandeng Kawak Tradisional, di Kantor Dinas Perikanan, Desember 2016 lalu. foto: MUSTAIN/ BANGSAONLINE

SIDOARJO, BANGSAONLINE.com - Pemkab Sidoarjo menggelar Pasar Bandeng Murah Rabu (29/11) hingga Kamis (30/11) mendatang, di halaman Kantor Dinas Perikanan Kabupaten Sidoarjo, Jl Sultan Agung. Pasar murah bandeng ini menyediakan 6 ton ikan bandeng.

Sekretaris Dinas Perikanan Sidoarjo, HM Bachruni Ariyawan melalui Kabid Pengolahan dan Kesling, Septiwati Nugraheni menjelaskan Pasar Bandeng Murah ini pihaknya menyediakan sebanyak 6 ton bandeng.

"Tiga ton dijual pada Rabu (29/11) dan tiga ton dijual pada Kamis (30/11)," cetus Septiwati Nugraheni kepada BANGSAONLINE.com, Selasa (28/11).

Kata Septiwati, bandeng dijual melalui kupon yang disediakan di lokasi. Satu kupon seharga Rp 25 ribu mendapatkan ikan bandeng sebanyak 2 kilogram. Satu pembeli dibatasi maksimal dua kupon.

Karena pasar murah, tentu harga lebih murah dari pasaran karena ada subsidi. "Di pasaran, bandeng sekilo seharga Rp 25 ribu. Tapi di sini kita jual 2 kilo seharga Rp 25 ribu," ungkap Septi, panggilan karib Septiwati.

Selain dalam rangka memperingati Hari Maulid Nabi Muhammad SAW, karena budaya masyarakat yang menyediakan menu berbahan bandeng saat maulid, Pasar Bandeng Murah ini, kata Septi, bertujuan untuk meningkatkan daya beli masyarakat dengan harga subsidi 50 persen dari harga pasar. Selain itu, kata Septi, untuk promosi agar masyarakat gemar makan ikan.

Selain Pasar Bandeng Murah, Pemkab juga menggelar beberapa kegiatan dalam rangkaian Festival Lelang Bandeng 2017 ini, yakni Penimbangan Bandeng Kawak, Lomba Bakar Bandeng dan Festival Lelang Bandeng, pada 6 Desember 2017 nanti. Lokasinya di halaman kantor Dinas Perikanan dan Alun-alun Sidoarjo. (sta/rev)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO