Kerja Sama Penerimaan Anggota Polri, Pemkab - Polresta Sidoarjo Teken MoU

Kerja Sama Penerimaan Anggota Polri, Pemkab - Polresta Sidoarjo Teken MoU

SIDOARJO, BANGSAONLINE.com - Polresta Sidoarjo melibatkan Pemerintah Kabupaten Sidoarjo dalam penerimaan anggota Polri tahun depan. Polresta Sidoarjo akan menjaring pelajar berprestasi di bidang akademik maupun di bidang olahraga dan agama dalam rekrutmen penerimaan Akpol, Bintara, maupun Tamtama Polri tahun depan.

Polresta Sidoarjo bakal bekerjasama dengan sejumlah OPD seperti Dinas Pendidikan, Dinas Pemuda, Olahraga dan Pariwisata, Dinas Kesehatan, Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil, Dinas Pemberdayaan Masyarakat Dan Desa, Pemberdayaan Perempuan Dan Perlindungan Anak, Keluarga Berencana (PMD,P3A,KB), RSUD Sidoarjo.

Selain itu Kantor Kementerian Agama Kabupaten Sidoarjo dan UPT Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Timur juga dilibatkan Polresta Sidoarjo.

Pagi tadi, Selasa (28/11) di gedung Aula Bharadaksa Rupatama Mapolresta Sidoarjo dilakukan penandatanganan kesepakatan bersama antara Kapolresta Sidoarjo Kombespol Himawan Bayu Aji dengan Bupati Sidoarjo yang diwakili Wakil Bupati Sidoarjo H. Nur Ahmad Syaifuddin SH. Kemudian disusul penandatangan oleh Kepala Bagian Sumber Daya Polresta Sidoarjo dengan satu per satu kepala Dinas OPD Sidoarjo.

Kapolresta Sidoarjo Kombespol Himawan Bayu Aji mengatakan kerjasama kali ini untuk menjaring penerimaan anggota Polri yang unggul dan berprestasi. Pelajar berprestasi pada olimpiade sains, Pekan Olahraga Pelajar Daerah (Popda), Pekan Olahraga Pelajar Nasional (Popnas) maupun juara hafiz Al-Quran juga berkesempatan mengikuti rekrutmen anggota Polri tahun depan.

OPD Sidoarjo terkait dilibatkan dalam penelusuran, pembinaan, dan pelatihan siswa-siswi berprestasi tersebut. Ia katakan proses rekrutmen anggota Polri menjunjung prinsip Betah (Bersih, Transparan, Akuntabel, dan Humanis) terbebas dari Pungutan Liar (Pungli).

“Prinsip ini harus senantiasa dijalankan guna menjaring calon putra-putri terbaik. Kami berharap dengan kesepakatan bersama ini nantinya bisa dihasilkan lulusan calon anggota Polri yang unggul, berkualitas dan kompetitif,” ujarnya.

Ia juga menyampaikan animo pendaftaran anggota Polri di Sidoarjo cukup banyak. Mapolresta Sidoarjo selaku panitia bantuan penerimaan anggota Polri mencatat ada peningkatan dari tahun ke tahun. Tahun 2016 lalu ada 737 orang yang mendaftar sebagai anggota Polri. Sedangkan tahun ini meningkat menjadi 864 orang.

Sementara itu, Wakil Bupati Sidoarjo H. Nur Ahmad Syaifuddin menyambut baik penandatangan kesepakatan bersama seperti ini. Ia berharap dengan kerjasama seperti ini akan menghasilkan anggota Polri yang berkualitas. Para pelajar berprestasi Sidoarjo nantinya dapat berkesempatan menjadi anggota Polri.

“Mudah-mudahan dengan kesepakatan bersama ini nantinya mampu meningkatkan kualitas calon-calon anggota Polri,” pungkasnya. (cat/rev)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO