Mendekati Hari Raya Idul Adha, Harga Kambing Kurban Mulai Naik

Mendekati Hari Raya Idul Adha, Harga Kambing Kurban Mulai Naik Kadang ternak milik pak slamet. foto: RONY S/ BANGSAONLINE

JOMBANG, BANGSAONLINE.com - Mendekati hari raya Idul Adha, kurban di Jombang mulai melonjak. Rata-rata kenaikan mencapai Rp 300 ribu/ekor.

Salah satu pedagang kambing kurban, Slamet (55) mengatakan, kenaikan kurban terjadi sejak sepekan terakhir. Tak hanya kambing Jawa, kambing jenis ettawa juga mengalami kenaikan.

"Harga kambing untuk kurban sudah naik, rata-rata Rp 300 ribu per ekor," kata Slamet kepada wartawan di lapak miliknya, Desa Jenis Gelaran, Bareng, Jombang, Rabu (1/8/2018).

Dia menjelaskan, kurban tahun ini lebih tinggi jika dibandingkan tahun lalu. Menurut dia, kambing untuk kurban paling murah saat ini Rp 2,8-3 juta/ekor.

"Tahun lalu kambing kurban paling murah masih Rp 2,5 juta," ujarnya sembari menyatakan tak tahu pasti faktor yang menyebabkan lebih mahalnya kurban tahun ini.

Kendati begitu, tambah Slamet, naiknya kurban tahun ini tak lepas dari hukum ekonomi yang terjadi setiap hari raya Idul Adha. Permintaan yang sedang tinggi disinyalir menjadi penyebab melonjaknya .

"Semakin mendekati Idul Adha, harganya akan semakin mahal," terangnya.

Oleh sebab itu, kata Slamet, sudah banyak warga Bareng dan sekitarnya yang membeli kambing untuk kurban. Kambing-kambing itu biasanya dititipkan ke pedagang hingga Hari Raya Kurban tiba 22 Agustus nanti. "Alhamdulillah pembelinya masih cukup banyak," ujarnya. (ony/dur)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO