Komisi D Minta OPD Lakukan Inovasi Program

Komisi D Minta OPD Lakukan Inovasi Program

SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Komisi D Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Jawa Timur berharap Dinas Sumber Daya Air (SDA) terus berinovasi terhadap penanganan banjir dan penyediaan air di musim kemarau tahun ini.

Anggota Komisi D DPRD Jatim Khofidah mengatakan, penanganan dan inovasi pada dua permasalahan tersebut harus segera dilakukan mengingat ada alokasi program untuk operasi pemeliharaan dan rehabilitasi jaringan irigasi sebesar Rp 53,9 miliar.

"Dengan anggaran tersebut diharapkan ketersedian air pada musim kemarau tercukupi, khusus juga untuk mengairi ladang persawahan," ujar politikus PKB itu ditemui usai paripurna di gedung DPRD Jatim, Senin (20/8).

Lebih lanjut Khofidah mengungkapkan, untuk penanganan banjir di Jatim ini pihak komisi D minta ada metode baru. Antara lain ada model tutupan vegetatif di kawasan hulu dan muara sungai.

"Untuk metode tersebut kami minta Dinas SDA melakukan kerja sama lintas OPD terkait seperti Dinas kehutanan dan DLH dengan menanamkan pohon yang bisa menyerap air," imbuh Khofidah.

Dalam kesempatan itu, pihaknya juga menyampaikan apresiasi adanya peningkatan anggaran untuk bencana kekeringan yang ada di Dinas Perumahan Rakyat Kawasan Permukiman dan Cipta Karya sebesar Rp 55 Miliar. Pasalnya, saat ini ada daerah rawan yang mengalami kekeringan seperti Madura, Tapal Kuda, Pantura, sampai kawasan Mataraman.

"Kami juga meminta kepada Dinas Perumahan Rakyat Kawasan Permukiman dan Cipta Karya agar segera memperluas cakupan penyedian rumah untuk masyarakat berpenghasilan Rendah (MBR)," tandasnya.

Untuk kondisi Jalan Nasional di Jatim, pihak Komisi D meminta Dinas PU Bina Marga Jatim untuk terus meningkatkan koordinasi dengan Balai Besar Jalan Nasional VIII agar meningkatkan anggaran tanggap perbaikan Jalan. Karena saat ini banyak jalan Nasional mulai bergelombang, seperti di ruas Pantura, Gresik - Tuban, dan Bojonegoro. (mdr/rev)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO