Waspadai Bahaya Seks Menyimpang, Bakesbangpol Pacitan Rencanakan Gelar Sosialisasi dan Edukasi

Waspadai Bahaya Seks Menyimpang, Bakesbangpol Pacitan Rencanakan Gelar Sosialisasi dan Edukasi Didik Alih Wibowo, Kabid Kewaspadaan Dini Bakesbangpol Pacitan. foto: YUNIARDI S/ BANGSAONLINE

PACITAN, BANGSAONLINE.com - Isu seks menyimpang di menjadi atensi serius dari sejumlah organisasi perangkat daerah (OPD) terkait di . Mereka berharap, fenomena itu bisa diminimalisir, bahkan bila perlu bisa diberangus.

Kabid Kewaspadaan Dini Bakesbangpol , Didik Alih Wibowo, berencana bakal memberikan sosialisasi dan edukasi ke masyarakat terkait dampak buruk kehidupan seks menyimpang tersebut. Baik itu homoseksual ataupun lesbian.

OPD yang masuk sebagai unsur intelijen daerah itu berencana akan menyelenggarakan sosialisasi massal dengan melibatkan Dinas Kesehatan serta BLUD RSUD dr Darsono.

"Tanggal 4 November nanti, kami bersama Dinkes dan RSUD akan memberikan sosialisasi dan edukasi kepada masyarakat terkait dampak buruknya perilaku seks menyimpang terhadap kesehatan. Acara tersebut akan kami laksanakan berbarengan dengan kegiatan car free day," kata Didik saat ditemui di ruang kerjanya, Senin (29/10).

Menurut Didik, kegiatan itu bukan hanya terfokus pada homoseksual ataupun lesbian semata, namun juga dampak penyakit berbahaya lainnya sebagai akibat perilaku seks tak semestinya.

"Karena itu, tajuk dari kegiatan tersebut, "Stop HIV/AIDS, Jauhi Penyakitnya, Jangan Orangnya. Stop Kenakalan Remaja. Kenakalan Rem Saja". Kami berharap sosialisasi yang dirangkaikan dengan kegiatan car free day, masyarakat bakal antusias dan lebih mengena," jlentrehnya.

Didik menegaskan, kegiatan sosialisasi terhadap dampak seks menyimpang tersebut akan terus dilakukan selama enam minggu dengan tema berbeda. "Kita juga terus melakukan pemantauan terhadap perilaku seseorang maupun komunitas yang mengarah pada kehidupan seks menyimpang. Akan tetapi, kita tidak bisa memberikan justifikasi terhadap mereka," tandasnya. (yun/rev)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO