Si GESITS, Motor Listrik Buatan Anak Bangsa Siap Bersaing di 2019

Si GESITS, Motor Listrik Buatan Anak Bangsa Siap Bersaing di 2019 Menristekdikti Mohammad Nasir saat menjadi narasumber di Diskusi Media Forum Merdeka Barat (FMB) 9 di Gedung Pemprov Jatim, Kamis (22/11/2018). foto: YUDI A/ BANGSAONLINE

SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Kemenristekdikti telah fokus mengembangkan penelitian yang memiliki daya saing pada 10 sektor antara lain: pangan, informasi dan , transportasi (darat, laut, udara), kesehatan, dan lain sebagainya.

"Salah satu inovasi dari Jawa Timur adalah produk motor listrik yang dibesut oleh para ahli dari Institut Teknologi 10 Nopember Surabaya (ITS)," ucap Menristekdikti Mohamad Nasir saat Diskusi Media Forum Merdeka Barat (FMB) 9 di Gedung Pemprov Jatim, Kamis (22/11/2018). 

Nasir mengatakan, kecanggihan motor listrik dengan nama dagang GESITS ini bisa dikebut sampai kecepatan 100 km/jam dan speedometer bisa dipakai untuk telepon pintar (smartphone). "Produk ini rencananya akan produksi massal pada awal 2019. Pabriknya disiapkan di Sentul, Jawa Barat," sebutnya.

Kemudian soal pengembangan pangan, Nasir menjelaskan bahwa Pusat penelitian kopi dan kakao ada di Jember, Jawa Timur. Ini merupakan hasil dari Science Techno Park di Jember.

"Dulu Swedia mengimpor kopi dari AS, lalu ditawarkan agar mengambil kopi langsung dari Indonesia. Saat ini jika dulu pembibitan kopi dari biji dan batangnya, kini sudah bisa dikembangkan dari daun. Riset membuat bibit dari daun hingga 2 juta bibit," jelasnya.

Yang tidak kalah penting menurut Nasir adalah sinergi antara pemerintah, akademisi, dan industri. Ia mencontohkan seperti PT INKA, industri kereta api di Madiun yakni LRT yang sudah beroperasi di Palembang dengan rute mulai dari bandara ke Jakabaring. "Ini dibuat ITS di Surabaya, sudah menyerupai LRT di Eropa," imbuhnya. 

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO