Sabtu, 15 Mei 2021 19:04

Fatma Foundation Fokus Pencegahan Kanker Serviks dan Payudara

Minggu, 21 April 2019 19:50 WIB
Editor: Yudi Arianto
Wartawan: M Didi Rosadi
Fatma Foundation Fokus Pencegahan Kanker Serviks dan Payudara
Fatma Saifullah Yusuf memotong tumpeng dalam tasyakuran pembangunan kantor Fatma Foundation di kawasan Gayungsari. Hadir dalam kesempatan itu Gus Ipul dan Ustadz Yusuf Mansur. Foto : DIDI ROSADI/BANGSAONLINE

SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Bertepatan dengan hari Kartini yang jatuh pada 21 April, Yayasan Citra Fatma Wanita (Fatma Foundation), sebuah yayasan yang fokus mencegah kanker serviks dan payudara, menggelar tasyakuran pembangunan kantor baru.

“Dengan kantor baru ini, kami berharap bisa lebih fokus lagi dalam melayani dan membantu para perempuan dalam mencegah kanker serviks dan payudara,” kata pendiri Fatma Foundation, Fatma Saifullah Yusuf, usai tasyakuran kantor di Jalan Gayungsari Timur 17, Gayungan, Surabaya, Minggu (21/4).

Tasyakuran kantor sendiri cukup meriah. Selain dihadiri Ketua PBNU Saifullah Yusuf (Gus Ipul); dalam tasyakuran kali ini juga dihadiri Ustadz Yusuf Mansyur serta puluhan warga sekitar.

Dari kantor baru ini, segala aktivitas Fatma Foundation akan digerakkan. Saat ini Fatma Foundation juga telah memiliki bus kesehatan yang di dalamnya dilengkapi peralatan pemeriksaan pap smear dan payudara yang cukup lengkap dan modern.

BACA JUGA : 

Lomba Fashion Show Kepala OPD dan Camat, Bantu Kembangkan Produk UMKM Surabaya

Ramadan dan Hari Kartini, Dharma Wanita Persatuan Kota Pasuruan Bagikan Ratusan Sembako

Peringati Hari Kartini, Pemkot Beri Layanan KB Gratis Khusus KTP Surabaya

Momentum Hari Kartini, Wabup Dewi Khalifah Berharap Kaum Hawa Lebih Berperan, Kreatif, dan Inovatif

Bus Fatma Foundation sendiri telah berkeliling ke beberapa lokasi dengan melakukan penyuluhan kepada minimal 100 orang dan pemeriksaan papsmear dan payudara secara cuma-cuma khususnya bagi masyarakat yang kurang mampu dengan target 50 orang perlokasi.

Di tempat yang sama, Gus Ipul mengatakan bahwa Fatma Foundation ini terinspirasi dari pengalamannya bersama istri saat 10 tahun menjabat wakil gubernur Jawa Timur.

“Saat menjabat saya menemui banyak fenomena penyakit khususnya kanker. Pemerintah sudah berbuat tapi tidak cukup kalau tanpa dukungan masyarakat luas,” kata Gus Ipul.

Fatma Foundation sendiri saat ini telah melakukan pemeriksaan dan penyuluhan secara gratis di enam lokasi di antaranya di perumahan The Gayungsari Regency, kemudian di Hotel Fatma Jombang, SD Al Hikmah Surabaya, YKP Pandugo I Surabaya, pemeriksaan bagi perempuan nelayan di Gunung Anyar Surabaya, dan terakhir beberapa hari lalu penyuluhan di Rumah Tahanan (Rutan) khusus Perempuan Kelas IIa Surabaya di Medaeng, Sidoarjo.

Fatma menjelaskan bahwa program Fatma Foundation selama ini bersifat promotif dan preventif sehingga lebih mengedepankan penyuluhan dan pencegahan dengan deteksi dini terhadap kanker serviks dan kanker payudara.

Dengan pemeriksaan dini, mereka yang terdeteksi gejala tumor atau kanker, diharapkan bisa segera ditangani dan diobati sehingga tidak menjadi kanker stadium lanjut.

"Fatma Foundation ini didirikan salah satunya demi mewujudkan mimpi kami yakni membantu perempuan di Indonesia khususnya di Jawa Timur untuk semakin sadar terhadap kesehatan dirinya," kata istri mantan wakil gubernur Jawa Timur dua periode Saifullah Yusuf (Gus Ipul) ini.

Fatma mengatakan, seorang perempuan terutama ibu-ibu memiliki peranan yang sangat penting bagi keluarga. Ibulah yang melahirkan, merawat dan mendidik anak-anaknya dengan penuh kasih sayang.

"Maka untuk menjadi seorang ibu, kita harus tetap sehat, jika ibu sehat maka ia akan dapat mengurus keluarganya dengan baik dan pula terjamin kesehatannya.

Untuk itu, Fatma Foundation mengambil peranan penting untuk mengajak perempuan untuk menjadi sehat, dengan memeriksakan dirinya melalui pemeriksaan pap-smear dan payudara," ujarnya. (mdr/ian)

Artis Greta Garbo Ajak Nikah ​Albert Einstein
Rabu, 12 Mei 2021 04:07 WIB
SURABAYA, BANGSAONLINE.com – Anekdot Gus Dur Edisi Ramadan episode 30 mereview cerita Gus Dur tentang fisikawan Albert Eintein dan model cantik Greta Garbo. “Anekdot ini saya ambil dari buku berjudul Gus Dur hanya Kalah dengan Orang Madura,...
Jumat, 16 April 2021 16:59 WIB
BANYUWANGI, BANGSAONLINE.com - Kabupaten Banyuwangi memiliki cara menarik untuk memelihara infrastruktur fisiknya. Salah satunya, dengan menggelar festival kuliner di sepanjang pinggiran saluran primer Dam Limo, Kecamatan Tegaldlimo be...
Sabtu, 15 Mei 2021 09:10 WIB
SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Kerusuhan 13 Mei 1998 terus diperingati oleh masyarakat Tionghoa di Indonesia. Korban aksi anarkis itu sebagian memang etnis Tionghoa.Uniknya, mereka memperingati dengan menyajikan rujak pare dan sambal jombrang. Apa...
Kamis, 13 Mei 2021 19:51 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*61. falammaa balaghaa majma’a baynihimaa nasiyaa huutahumaa faittakhadza sabiilahu fii albahri sarabaanMaka ketika mereka sampai ke pertemuan dua laut itu, mereka lupa ikannya, lalu (ikan) itu melompat mengamb...
Jumat, 14 Mei 2021 10:11 WIB
Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam tentang kehidupan sehari-hari. Diasuh Prof. Dr. KH. Imam Ghazali Said, M.A., Dekan Fakultas Adab dan Humaniora Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya (UINSA) dan pengasuh Pesantren Mahasiswa An-Nur Won...