Menpora Menutup Porprov VI, Gubernur Khofifah Minta Atlet Berprestasi Dikawal Capai Prestasi Puncak

Menpora Menutup Porprov VI, Gubernur Khofifah Minta Atlet Berprestasi Dikawal Capai Prestasi Puncak Menpora Imam Nahrawi menutup Porprov VI di Tuban, turut mendampingi Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa dan Arumi Bachsin beserta Forkopimda Jatim, empat bupati yang menjadi tuan rumah Porprov Jatim VI/2019, jajaran pengurus KONI, serta beberapa bupati/wali kota se-Jatim lainnya.

TUBAN, BANGSAONLINE.com - Setelah dilaksanakan selama sepekan penuh di Kabupaten Lamongan, Tuban, Bojonegoro, dan Gresik, Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) Jatim VI/2019 akhirnya resmi ditutup oleh Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) RI Imam Nahrawi. Penutupan pesta olahraga tingkat Provinsi Jatim ini diselenggarakan di Stadion Bumi Wali, Tuban, Sabtu (13/7) malam.

Ikut hadir mendampingi momen penutupan tersebut Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa beserta Forkopimda Jatim, empat bupati yang menjadi tuan rumah VI/2019, jajaran pengurus KONI, serta beberapa bupati/wali kota se-Jatim lainnya.

Kehadiran Menpora Imam Nahrawi untuk menutup event olahraga tingkat Jatim ini menjadi ajang pertama kali di seluruh Indonesia. Dirinya merasa bangga, karena provinsi yang dipimpin oleh Gubernur Khofifah ini sukses menyelenggarakan . Bahkan, di tahun-tahun mendatang, pelaksanaan akan diselenggarakan setiap dua tahun sekali.

Menpora Imam Nahrawi berharap, provinsi lain bisa meniru Jatim. Dalam konteks nasional, pihaknya menyiapkan regulasi besar agar PON bisa dilaksanakan per dua tahun di dua provinsi yang akan dimulai pada 2022.

Menurutnya, penyelenggaraan Porprov di tingkat daerah bisa menjadi kawah candradimuka lahirnya atlet Indonesia yang berprestasi dan membanggakan. Sehingga, mereka bisa mewakili Indonesia meraih juara di tingkat dunia, seperti di event olimpiade.

“Termasuk juga momentum Porprov memastikan bahwa olahraga menjadi perekat kita. Ekonomi bangkit, kekuatan sosial dan solidaritas kita betul-betul terbangun dengan baik. Lebih dari itu melalui olahraga akan terbentuk komunitas yang kuat saling menghargai, respek, menghormati dan menjunjung tinggi sportivitas,” katanya.

Menpora kelahiran Bangkalan ini juga berpesan kepada seluruh atlet Jatim agar tidak memiliki rasa puas diri dan senang hanya menjadi juara di Porprov saja. Sebab di depan, mereka akan mendapat tantangan lagi, seperti event SEA Games, Asian Games, Olimpiade dan Kejuaraan Dunia lainnya.

“Dari Porprov inilah yang akan menjadi cikal bakal atlet-atlet yang bisa menjadi juara di olimpiade,” kata Menpora Imam Nahrawi.

Sementara itu, Gubernur Khofifah Indar Parawansa yang ikut hadir di ajang penutupan Porprov VI/2019 itu menyampaikan, bahwa pelaksanaan kali ini telah banyak mencetak rekor baru berbagai cabang olahraga. Karena itu, pihaknya mengajak kepada seluruh kepala daerah, pimpinan KONI, dan pelatih untuk terus mengawal dan meningkatkan prestasi sampai puncak sehingga membawa harum nama bangsa dan negara.

“Mudah-mudahan tetap semangat. Para pelatih tetap menggenjot agar prestasi ke depan bisa diraih lebih prestiges lagi,” ujar gubernur perempuan pertama di Jatim ini.

Soal persiapan pelaksanaan dua tahun mendatang, Gubernur Khofifah meminta agar dipersiapkan lebih komprehensif lagi. Sehingga, kesiapan daerah, atlet, masyarakat serta sektor pendukung lainnya seperti wisata dan UMKM bisa semakin bergeliat lagi.

"Kalau misalnya peluncuran maskot bisa lebih awal, masyarakat bisa menyatu dengan Porprov dalam jangkauan yang lebih luas. Artinya gravitasi masyarakat Jatim ke event porprov akan lebih kuat," jelasnya.

Terkait pembibitan atlet Jatim, Gubernur Khofifah berharap agar para atlet millenial bisa dipersiapkan lebih seksama lagi untuk dapat menembus prestasi tingkat dunia. "Jadi memang usia 16-21 tahun itu disiapkan agar ke depan mau ikut PON, SEA Games, Asian Games, Olimpiade masih memiliki cukup banyak waktu," jelasnya.

Kepada Menpora RI, Gubernur Khofifah pun merekomendasikan beberapa venue di wilayahnya untuk bisa digunakan sebagai laga tingkat nasional maupun internasional. Salah satunya venue untuk cabang olahraga (cabor) paralayang dan sepatu roda yang berada di Kabupaten Tuban.

Menurutnya, kedua venue tersebut bisa menjadi rekomendasi khusus bagi Menpora RI jika terdapat event nasional maupun internasional yang diselenggarakan di Indonesia. Termasuk beberapa venue lain di Kab. Bojonegoro, Kab. Lamongan, dan Kab. Gresik yang juga memberikan inspirasi.

“Ada masukan venue Paralayang di Kabupaten Tuban yang indahnya luar biasa apalagi bisa mendekati waktu sunset. Venue untuk sepatu roda juga tak kalah indahnya di Mangrove Center Tuban,” kata orang nomor satu di Jatim ini.

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO