Sabtu, 31 Oktober 2020 16:52

Tangani Sampah Plastik, 4 Doktor Universitas Brawijaya Malang Mengabdi di Kota Pasuruan

Senin, 05 Agustus 2019 17:11 WIB
Editor: Revol Afkar
Wartawan: Ardianzah
Tangani Sampah Plastik, 4 Doktor Universitas Brawijaya Malang Mengabdi di Kota Pasuruan
Wakil Wali Kota Pasuruan R. Teno Prasetyo mendapat penjelasan tentang destilator, mesin untuk merubah sampah plastik menjadi BBM yang akan diimplementasikan di Kelurahan Tambaan.

KOTA PASURUAN, BANGSAONLINE.com - Wakil Wali Kota Pasuruan R. Teno Prasetyo S.T. menerima empat orang Doktor Universitas Brawijaya (UB) Malang, Senin (5/8) bertempat di Kelurahan Tambaan, Kecamatan Panggungrejo, Kota Pasuruan.

Keempat doktor itu adalah Dr. Rudianto, MA, Dr. Ir. Erni Yudaningtyas, Dr. Ir. Tri Djoko Lelono, M.Si dan Dr, Rarasrum Dyah Kasitowati, S.Kel, M.Si. Mereka datang ke Kota Pasuruan dalam rangka Program Doktor Mengabdi di Kelurahan Tambaan. Program ini difokuskan kepada pemanfaatan limbah plastik untuk dijadikan BBM seperti premium, minyak tanah, dan solar.

Hadir dalam kegiatan tersebut Kepala OPD di lingkungan Pemerintah Kota Pasuruan, Camat, dan Lurah se-Kota Pasuruan.

Dalam sambutannya, Wawali Teno menyampaikan apresiasi terhadap kegiatan ini. "Program ini sebagai bentuk kepedulian kita semua akan permasalahan sampah di Kota Pasuruan. Hasil penelitian para Doktor ini hendaknya disosialisasikan kepada masyarakat, khususnya di wilayah Tambaan ini agar mampu mengubah sampah plastik menjadi BBM," pesannya.

Ia berharap, program pengabdian kepada masyarakat ini tetap dapat berkelanjutan bagi masyarakat Kota Pasuruan, karena banyak keuntungan yang dapat diperoleh, terutama dari mendaur ulang sampah. "Tentu saja, salah satunya akan mengurangi volume sampah. Namun hal lain yang dapat kita peroleh adalah mengubahnya menjadi bahan bakar minyak," tuturnya.

Sementara menurut Ketua Lembaga Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat (LPPM) Universitas Brawijaya Malang Dr. Ir. Bambang Susilo, bahwa limbah plastik saat ini menjadi persoalan dunia, di mana Indonesia menjadi negara nomor 2 (dua) penyumbang sampah plastik terbesar di dunia.

Pesisir Tambaan Kota Pasuruan dipilih sebagai lokasi kegiatan Doktor Mengabdi karena pantainya saat ini sudah dipenuhi sampah plastik dan keberadaan sampah plastik ini berdampak kepada kesehatan manusia, seperti bau yang menyengat, banyaknya lalat, dan estetikanya kurang nyaman untuk di pandang.

Lebih lanjut, dalam program ini mesin destilator yang ditemukan oleh Muryani dari Wlingi Blitar untuk merubah sampah plastik menjadi BBM akan diimplementasikan di Kelurahan Tambaan. Untuk mengimplementasikan mesin destilator ini, program Doktor Mengabdi ini melibatkan unsur masyarakat yaitu organisasi karang taruna Bina Hangtuah yang akan menjadi penggerak utama untuk mengolah limbah plastik ini menjadi BBM. (ard/par/rev)

Disnak Jatim Pastikan Telur yang Beredar Aman dan Sehat untuk Dikonsumsi
Rabu, 20 November 2019 13:57 WIB
Kepala Disnak Jatim, Wemmi Niamawati melakukan kampanye telur ayam Jawa Timur sehat, bebas zat beracun bersama staf di halaman Kantor Disnak Jatim.Dinas Peternakan Provinsi Jawa Timur dengan melaksanakan kampanye "Telur Ayam Jawa Timur Sehat Bebas Za...
Rabu, 28 Oktober 2020 18:30 WIB
NGANJUK, BANGSAONLINE.com - Selama ini, masyarakat jamak mengetahui khasiat minyak kayu putih dipakai sebagai penghilang masuk angin atau perut kembung. Jarang atau belum banyak yang tahu kalau minyak tersebut berasal dari sebuah tanaman kayu putih. ...
Senin, 12 Oktober 2020 19:15 WIB
Oleh: M Mas’ud Adnan --- Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) minta para kepala daerah meniru Jawa Timur dan Sulawesi Selatan dalam menangani Covid-19. Dua provinsi tersebut – menurut Jokowi - mampu menekan angka kasus Covid-19."Saya mencata...
Kamis, 22 Oktober 2020 10:40 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*34. wakaana lahu tsamarun faqaala lishaahibihi wahuwa yuhaawiruhu anaa aktsaru minka maalan wa-a’azzu nafaraandan dia memiliki kekayaan besar, maka dia berkata kepada kawannya (yang beriman) ketika bercakap-ca...
Sabtu, 31 Oktober 2020 10:28 WIB
>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Prof. Dr. KH. Imam Ghazali Said, M.A.. Kirim WA ke 081357919060, atau email ke bangsa2000@yahoo.com. Jangan lupa sertakan nama dan alamat. <<&l...