Tersangka Veronica Koman Penerima Beasiswa S2, Tak Pernah Bikin Laporan Pertanggungjawaban

Tersangka Veronica Koman Penerima Beasiswa S2, Tak Pernah Bikin Laporan Pertanggungjawaban Kapolda Jatim Irjen Pol Luki Hermawan didampingi Dirreskrimum Kombes Pol Gidion Arif Setiawan, Wadirkrimsus AKBP Arman Asmara SIK saat memberikan keterangan pers kepada wartawan di Mapolda Jawa Timur Jl A Yani Surabaya, Sabtu (7/9/2019). foto: BANGSAONLINE/ ANATASIA NOVARINA

SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Ternyata Veronica Koman, tersangka provokasi Asrama Mahasiswa , adalah penerima pendidikan S2 dari Pemerintah Indonesia untuk kuliah di luar negeri. Namun ia diduga tidak pernah membuat laporan pertanggung jawaban atas S2 yang diterima sejak tahun 2017.

Kapolda menegaskan bahwa sekarang Veronica Koman berada di luar negeri bersama suaminya.

"Kami akan melihat minggu depan, ini masih proses penyidikan, jangan sampai kami kesulitan. Yang jelas negara tetangga dan sangat dekat juga, dan banyak melakukan kegiatan kegiatan LSM," kata Irjen Pol luki Hermawan kepada wartawan, termasuk BANGSAONLINE.com, di Mapolda Jawa Timur Jalan A Yani Surabaya, Sabtu (7/9/2019)

Menurut Kapolda, Veronika mendapatkan pendidikan magister bidang Hukum. 

"Dapat dari negara kita dan sekolah mengambil bidang hukum atau S2 hukum," ujarnya. Namun, kata Luki, selama dalam kurun waktu tiga tahun,  Veronica Koman tidak pernah memberikan bukti laporan pertanggungjawaban secara formal mengenai penggunaan dana tersebut kepada pihak Pemerintah Indonesia.

"Dan yang bersangkutan selama mendapat sejak 2017 ternyata tidak pernah aktif atau tidak pernah laporan sebagaimana seorang mahasiswa yang mendapat bantuan Ini," terangnya

Kapolda menjelaskan selama di luar negeri, Veronica Koman hidup bersama suaminya yang belakangan diketahui warga negara asing (WNA) aktif dalam Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM). "Dan suaminya juga pegiat LSM sangat aktif dan saat ini kami selalu bekerja sama dengan Kementerian Luar Negeri karena kami akan melibatkan terus," katanya.

Tapi Kapolda enggan menjelaskan berada di negara mana. Ketika wartawan menyebut negara Australia, ia juga tak mau menyebut. "Negara tetangga yang dekat dengan Indonesia. Nanti kita lihat ke depan proses penyidikan," katanya. (ana)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Lihat juga video 'Akhirnya, Putra Kiai Jombang Tersangka Pencabulan Santriwati Serahkan Diri ke Polda Jatim':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO