Kota Batu Bertekad Rebut Anugerah Wistara

Kota Batu Bertekad Rebut Anugerah Wistara Ilustrasi: Balai Kota Batu.

KOTA BATU, BANGSAONLINE.com - Setelah berhasil meraih penghargaan Swasti Saba Wiwerda, sebuah kategori kota sehat dari Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian, Selasa (19/11), Kota Batu kembali bertekad merebut anugerah yang lebih tinggi, yaitu Swasti Saba Wistara yang pada tahun 2020 mendatang akan dilakukan verifikasi untuk tingkat provinsi dan 2021 untuk tingkat nasional.

"Forum Kota Batu Sehat akan mengawal kompetisi bergengsi ini agar kembali meraih penghargaan serupa pada tahun depan. Minimal kami lolos seleksi tingkat provinsi tahun 2020, syukur-syukur bisa ke level nasional seperti tahun ini," ujar Siti Yulaikah, Sekretaris Forum Kota Batu Sehat seusai mengantarkan surat audiensi FKBS dengan Ketua DPRD Kota Batu, di gedung dewan, Kamis (21/11).

Dijelaskan, penghargaan Swasti Saba Wiwerda yang diverifikasi 2020 mendatang untuk tingkat provinsi meliputi tiga tatanan. Yakni, masalah kawasan sarana lalu lintas tertib dan pelayanan transportasi, kawasan industri dan perkantoran sehat, dan kehidupan sosial yang sehat. Sedangkan penghargaan Swasti Saba Wistara tahun 2019, tatanan yang diverivikasi oleh tim dari Pusat pada 9-10 September 2019 lalu meliputi permukiman, prasarana sehat, pola hidup sehat mandiri, pariwisata sehat, dan pangan sehat.

"Jika masyarakat, organisasi perangkat daerah sebagai tim pembina FKBS, serta pokja desa sehat dan Forkom kecamatan sehat bisa bekerja sama dengan baik, kami yakin seratus persen Kota Batu akan menerima kembali penghargaan tertinggi untuk kota sehat Swasti Saba Wiwerda," terangnya.

Tujuh tatanan verifikasi kategori kota sehat (KKS) tingkat kota dan kabupaten, yakni kawasan permukiman, sarana dan prasarana umum, kehidupan masyarakat yang mandiri, ketahanan pangan dan gizi, kawasan pariwisata sehat, kawasan sarana lalu lintas tertib dan pelayanan transportasi, kawasan industri dan perkantoran sehat, serta kehidupan sosial yang sehat. (asa/rev)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO