Rabu, 02 Desember 2020 19:39

Rumah Warga Balen Bojonegoro Jadi Sarang Ular Kobra, Damkar Turun Tangan

Kamis, 02 Januari 2020 19:42 WIB
Editor: Revol Afkar
Wartawan: Eky Nurhadi
Rumah Warga Balen Bojonegoro Jadi Sarang Ular Kobra, Damkar Turun Tangan
Petugas Damkar menunjukkan seekor ular kobra yang berhasil ditangkap.

BOJONEGORO, BANGSAONLINE.com - Dinas Pemadam Kebakaran (Damkar) Bojonegoro, Jawa Timur, kembali melakukan evakuasi sejumlah anakan ular kobra. Ada sekitar tiga sampai lima ekor ular kobra berhasil dievakuasi dan diamankan.

Kepala Bidang (Kabid) Penyelamatan Dinas Damkar Bojonegoro, Teguh Haris, Kamis (02/1/2020) sore menjelaskan, evakuasi ular kobra itu berada belakang rumah milik Samian Dusun Banjartal RT 22 / RW 07 Desa Kabunan, Kecamatan Balen.

"Kami menerima laporan warga, kemudian kita datangi dan kita lakukan evakuasi. Bahkan informasi dari warga di sekitar lokasi, sudah ada sekitar 25 ekor ular yang ditemukan, tetapi langsung dibunuh karena warga ketakutan," ujar Teguh Haris menjelaskan.

Kata dia, belakang rumah Samian banyak barang-barang bekas yang dibiarkan berserakan, seperti plastik dan kain. Hal ini digunakan sebagai tempat persembunyian ular kobra. Bahkan diduga ular berkembang biak di tempat tersebut.

"Ular yang kita evakuasi sementara kita amankan dahulu, biasanya ada komunitas reptil yang mau mengadopsi (memelihara). Kalau tidak ada, ya kita lepas ke habitatnya untuk keseimbangan ekosistem (pengendali hama tikus)," jelasnya.

Teguh Haris berpesan kepada masyarakat agar menjaga kebersihan rumah, dan lingkungan sekitar. Pasalnya, sampah atau barang-barang bekas yang ada di dalam rumah maupun luar rumah bisa dijadikan sebagai sarang ular.

"Mari budayakan hidup bersih. Sampah jangan ditimbun, dan jangan dibakar. Sampah baiknya ditimbun atau dikelola jadi bank sampah," ujarnya.

Teguh menambahkan, sebelumnya empat kecamatan termasuk Balen, sudah melapor ke Dinas Damkar Bojonegoro terkait adanya penemuan ular kobra. Yakni Kecamatan Baureno, Kota Bojonegoro, dan Dander.

"Bila di dalam rumah atau pekarangan rumah ditemukan ular jenis apapun yang sifatnya berbahaya agar segera lapor atau telepon Pos Damkar (0353113) dengan menyebutkan alamat lengkap. Tim kami akan datang melakukan evakuasi," tambahnya. (nur/rev)

Disnak Jatim Pastikan Telur yang Beredar Aman dan Sehat untuk Dikonsumsi
Rabu, 20 November 2019 13:57 WIB
Kepala Disnak Jatim, Wemmi Niamawati melakukan kampanye telur ayam Jawa Timur sehat, bebas zat beracun bersama staf di halaman Kantor Disnak Jatim.Dinas Peternakan Provinsi Jawa Timur dengan melaksanakan kampanye "Telur Ayam Jawa Timur Sehat Bebas Za...
Selasa, 01 Desember 2020 16:52 WIB
PROBOLINGGO, BANGSAONLINE.com – Meletusnya Gunung Semeru di Kabupaten Lumajang, tidak mengakibatkan kenaikan material vulkanik di Gunung Bromo, Kabupaten Probolinggo.Namun demikian, status Gunung Bromo tetap level II atau waspada. Sehingga pengunju...
Sabtu, 28 November 2020 22:34 WIB
Oleh: M Mas’ud Adnan --- Nahdlatul Ulama (NU) punya khasanah (bahasa) baru: Neo Khawarij NU. Istilah seram ini diintroduksi KH Imam Jazuli, LC, MA, untuk mestigmatisasi kelompok kritis NU: Komite Khittah Nahdlatul Ulama (KKNU). Khawarij ...
Sabtu, 28 November 2020 15:26 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*39. walawlaa idz dakhalta jannataka qulta maa syaa-a allaahu laa quwwata illaa biallaahi in tarani anaa aqalla minka maalan wawaladaanDan mengapa ketika engkau memasuki kebunmu tidak mengucapkan ”Masya Allah, ...
Sabtu, 28 November 2020 12:00 WIB
>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Prof. Dr. KH. Imam Ghazali Said, M.A.. Kirim WA ke 081357919060, atau email ke bangsa2000@yahoo.com. Jangan lupa sertakan nama dan alamat. <<&l...