Nekat Beroperasi di saat Pandemi Corona, Cak Thoriq dan Bunda Indah Segel Koperasi Abal-abal

Nekat Beroperasi di saat Pandemi Corona, Cak Thoriq dan Bunda Indah Segel Koperasi Abal-abal Bupati Lumajang melihat administrasi salah satu koperasi yang dinilai abal-abal.

LUMAJANG BANGSAINLINE.com - Puluhan Koperasi yang dinilai tidak mengantongi izin alias abal-abal disegel oleh Bupati dan Wakil Bupati , Senin (20/04). Puluhan koperasi itu ditutup juga lantaran nekat beroperasi di saat pandemi Covid-19. Dan tidak memberikan keringanan kepada para nasabah.

Pantauan di lokasi, Bupati Thoriqul Haq dan Wakil Bupati Indah Amperawati melakukan inpeksi mendadak (sidak) puluhan koperasi di lokasi berbeda. Dalam sidak itu, para pimpinan mendapati puluhan koperasi tidak menerapkan kaidah sesuai dengan Undang-Undang Perkoperasian.

Bupati menjelaskan, bahwa ia mendapatkan 11 data koperasi yang tidak menjalankan sesuai dengan aturan dan terindikasi melanggar Undang-Undang. "Tidak sesuai dengan aturan, tidak memiliki izin cabang pembantu, ada yang tidak memiliki izin, ada yang tidak melakukan RAT, ada yang daftar keanggotaan koperasi yang tidak ada, ini yang kami tertibkan," tegas Bupati.

Saat sidak tersebut, Bupati juga mendapati koperasi yang tidak memiliki izin cabang pembantu. Bahkan salah satu koperasi simpan pinjam di Jl. Imam Bonjol, Klojen, didapati tidak melaksanakan Rapat Anggota Tahunan (RAT) selama 6 tahun.

Padahal, apabila tiga tahun berturut-turut tidak melaporkan RAT ke Dinas Koperasi dan Usaha Mikro kabupaten/kota akan diberikan sanksi berupa pembubaran dan pencabutan izin. “Pilihannya dua, peringatan ketiga sekaligus warning betul, atau langsung ditutup,” tegas Cak Thoriq.

Bupati juga mengajak masyarakat untuk memberantas rentenir di . Bahkan ia telah menginstruksikan kepada para kepala desa agar menindak para rentenir berkedok koperasi yang melakukan kegiatan peminjaman uang di desa-desa yang tidak sesuai dengan aturan.

“Saya minta masyarakat bersama pemerintah memberantas rentenir, bank titil, bank harian dan bank mingguan. Saya juga meminta kepada Kepala Desa untuk melakukan penertiban kepada rentenir yang keliling ke desa yang melakukan pengelolaan peminjaman uang yang tidak sesuai dengan prosedur,” pungkasnya.

Sementara itu, Wakil Bupati Indah Amperawati juga mendapati beberapa koperasi abal-abal nekat tetap beroperasi di saat kondisi para nasabah terpuruk akibat pandemi Corona. Mengetahui kondisi tersebut, Bunda Indah menyegel salah satu koperasi di daerah di Perumahan Surya Asri Wonorejo.

"Ditutup, tidak boleh beroperasi lagi. Kalau tetap beroperasi, saya laporkan ke pihak yang berwajib. Sampaikan ke pimpinannya, bahwa ini bukan koperasi. Ini rentenir dan tidak berizin," tegas Bunda sembari memasang sticker bertuliskan “Koperasi ini ditutup”.

Bunda Indah juga mengimbau kepada masyarakat untuk tidak pinjam ke KSU yang tidak berizin. Dinas koperasi, sudah membuka pinjaman modal tanpa bunga. Tanpa jaminan. "Dinas koperasi Kabupaten membuka pinjaman kepada usaha kecil seperti mlijo. Tanpa bunga. Tanpa jaminan," pungkasnya. (ron/rev)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Lihat juga video 'Duel Maut Dengan Kades Sukosari, Perangkat Desa Jatiroto tersabet Celurit Hingga Usus Keluar':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO