Meski 1 Pasien Positif Covid-19 di Ngawi Dinyatakan Sembuh, Status Zona Merah Tak Berubah

Meski 1 Pasien Positif Covid-19 di Ngawi Dinyatakan Sembuh, Status Zona Merah Tak Berubah Bupati Ngawi, Budi Sulistyono saat melalukan konferensi pers.

NGAWI, BANGSAONLINE.com - Pasien dari Wilayah Kerja Puskesmas Walikukun, Kabupaten yang terpapar dinyatakan sembuh. Namun, kesembuhan pasien tersebut tak mengubah status  sebagai zona merah .

Hal ini dibenarkan oleh Bupati , Budi Sulistyono yang menyatakan bahwa warga yang dinyatakan telah positif terpapar , sudah sembuh dan saat ini berada di rumah. Namun, Kabupaten tetap sebagai zona merah .

"Saya jelaskan perkembangan akhir-akhir ini tentang yang sedang kita hadapi bersama, dan yang menjadi heboh yang dari zona kuning menjadi zona merah," ujarnya, Senin (4/5/2020).

Budi menuturkan, selama ini Pemkab bersama seluruh elemen yang ada, serta masyarakat telah berupaya menjaga kondisi agar tetap menjadi zona kuning. Tetapi, hal tersebut berubah seiring adanya pasien yang dinyatakan positif sesudah dilakukan swab test.

"Pasien itu PDP nomor 15 dan beberapa waktu lalu dirawat di RS Moewardi Solo," tuturnya.

Menurut Kanang, sapaan akrab Bupati , PDP nomor 15 merupakan seorang petani yang sesekali melakukan jual beli gabah dan padi di sekitar . Mulai dari Sragen (Jateng), Magetan, dan Madiun.

Bupati yang didampingi Wakil Bupati, Sekda, Kepala Dinas Kesehatan, serta Kepala Dinas Kominfo menceritakan kronologis dari PDP nomor 15 tersebut.

"Sebelumnya, dua tahun yang lalu pasien tersebut mengalami sakit pada pinggang dan selalu periksa di rumah sakit Sragen. Namun, pada beberapa waktu yang lalu, pasien tersebut berencana untuk melakukan MRI di RS Moewardi Solo. Saat menunggu antrean yang lama, pasien terlihat batuk-batuk. Oleh petugas medis langsung di-swab test sebanyak dua kali dan hasilnya postif. Lalu, pasien itu diisolasi di rumah sakit tersebut," jelasnya.

Setelah menjalani isolasi di RS Moewardi Solo selama beberapa hari, akhirnya pada hasil swab test ketiga dan keempat yang hasilnya dikeluarkan pada 3 Mei 2020, pasien tersebut dinyatakan negatif.

"Saat ini PDP nomor 15 sudah berada di rumah dan menjalani isolasi mandiri selama tujuh hari ke depan. Jadi untuk saat ini di tidak ada yang positif terpapar," pungkasnya.(nal/ros/zar)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Lihat juga video 'Detik-Detik Warga Desa Lokki Maluku Nekat Rebut Peti Jenazah Covid-19':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO