Sabtu, 10 April 2021 20:50

​Enam Anak terpapar Covid-19 tapi Sehat, Total Positif Virus Corona di Situbondo 75 Orang

Kamis, 11 Juni 2020 21:48 WIB
Editor: Tim
​Enam Anak terpapar Covid-19 tapi Sehat, Total Positif Virus Corona di Situbondo 75 Orang
ilustrasi

SITUBONDO, BANGSAONLINE.com - Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DPPPA) Kabupaten Situbondo, Imam Hidayat, mengungkapkan bahwa enam anak terpapar Covid-19. Menurut dia, tiga orang di antaranya berusia 4 tahun, 8 tahun, dan 9 tahun.

"Dari enam anak yang terpapar virus corona itu, tiga di antaranya masih berusia 4 tahun, 8 tahun dan 9 tahun," kata Imam Hidayat di Situbondo Jawa Timur, Kamis (11/6).

Namun keenam anak yang positif Covid-19 itu dalam keadaan sehat. Kini mereka isolasi mandiri.

"Anak-anak yang terpapar Corona di Situbondo itu rata-rata tertular dari orang tuanya. Makanya kini diperlukan peran serta orang tua dalam menjaga putra dan putrinya," ucap kata Imam Hidayat. Imam minta orangtua aktif memantau kondisi anaknya dengan mematuhi protokol kesehatan agar tidak terpapar Covid-19.

BACA JUGA : 

Inilah Kisah Pasien Covid-19 Pertama di Indonesia yang Diisukan Penari Telanjang

Soal Tripsin Babi pada Vaksin AstraZeneca, Kiai Afif Sebut dalam Fiqh ada Istihalah, Apa Maksudnya?

Sembuh Lewat Konvalesen, Dahlan Iskan Merasa Bersalah Tak Bisa Jadi Pendonor Konvalesen

​Kasus Covid-19 di Tuban Cenderung Turun, Namun Berpotensi Melonjak Saat Libur Lebaran

"Anak-anak yang terpapar Corona di Situbondo itu rata-rata tertular dari orang tuanya. Makanya kini diperlukan peran serta orang tua dalam menjaga putra dan putrinya," ucap kata Imam Hidayat. Imam minta orangtua aktif memantau kondisi anaknya dengan mematuhi protokol kesehatan agar tidak terpapar Covid-19.

Ia menjelaskan dua dari enam anak-anak yang positif corona itu sempat dikarantina. Namu saat ini sudah menjalani isolasi mandiri setelah dinyatakan sehat dan tanpa keluhan.

"Yang terpenting lagi, selama masa pandemi, orang tua harus memberi asupan gizi yang cukup, serta memberi makanan sehat kepada anak-anaknya, sebagai upaya memperkuat imun tubuh anak agar tak mudah terserang virus Corona (Covid-19)," katanya.

Dikutip Merdeka.com, kini jumlah pasien terkonfirmasi positif Covid-19 di Kabupaten Situbondo bertambah tujuh orang. Jadi jumlah keseluruhan 75 orang. Sebelumnya 68 orang.

"Hari ini kami menerima hasil tes usap (swab test) 13 orang dari laboratorium BBTKLPP Surabaya dan laboratorium RS Lavalette Malang, hasilnya dari 13 hasil tes usap itu, tujuh di antaranya positif Covid-19," ujar Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Situbondo, Dadang Aries Bintoro di Situbondo, Rabu (10/6) malam.

Menurut dia, tujuh orang tambahan pasien corona itu tersebar di Desa Tanjung Glugur (Kecamatan Mangaran) satu orang, Desa Curah Jeru (Kecamatan Panji) satu orang, empat pasien dari Kelurahan Mimbaan (Kecamatan Panji) dan dari satu orang pasien asal Desa Olean (Kecamatan Kota Situbondo).

Tambahan tujuh kasus positif corona itu merupakan kontak erat kasus pasien positif Desa Olean, dan kontak erat dengan pasien meninggal di Kelurahan Mimbaan.

"Penambahan tujuh orang pasien positif ini merupakan hasil pemetaan bidang kuratif gugus tugas dalam rangka pencegahan penyebaran dan penularan Covid-19 di Situbondo. Sehingga dapat segera dilakukan upaya penanganan yang diperlukan," katanya.

Selanjutnya, kata Dadang, petugas kesehatan dan Gugus Tugas Covid-19 di desa akan melakukan pelacakan dan pemeriksaan kesehatan terhadap semua pihak yang pernah kontak erat dengan pasien positif.

"Kami mengimbau kepada masyarakat, dalam upaya memutus rantai penularan Covid-19 agar mematuhi protokol kesehatan dengan memakai masker, menghindari kerumunan, menjaga jarak fisik serta selalu mencuci tangan," ujarnya.

Data sebaran Covid-19 di Situbondo menyebutkan, jumlah pasien positif Covid-19 berjumlah 75 orang, dengan perincian 59 orang masih dalam perawatan, selesai pengawasan (sembuh) 11 orang dan meninggal dunia lima orang.

Dikutip Antara, pasien dalam pengawasan (PDP) sebanyak 47 orang. Riinciannya, empat orang dalam pengawasan, tiga orang meninggal dunia dan 40 orang selesai pengawasan. (tim) 

5 Kios Pasar Ranggeh Pasuruan Rusak Tertimpa Pohon
Sabtu, 10 April 2021 02:59 WIB
Pasuruan, BANGSAONLINE.com - Sebuah Pohon Trembesi roboh menimpa Pasar Ranggeh di Desa Karangsentul Kabupaten Pasuruan, Jawa Timur.Akibatnya, 8 kios milik pedagang rusakDelapan kios milik pedagang yang rusak itu terdiri dari toko kelontong, pertanian...
Senin, 05 April 2021 10:05 WIB
KEDIRI, BANGSAONLINE.com.com - Gua Jegles, begitu nama gua yang masih dalam pembenahan itu sering disebut. Gua yang terletak di Dusun Jegles, Desa Keling, Kecamatan Kepung, Kabupaten Kediri tersebut saat ini memang sedang viral di media sosial (medso...
Sabtu, 10 April 2021 05:43 WIB
SURABAYA, BANGSAONLINE.COM – Kapal super raksasa Ever Given ternyata masih ditahan pemerintah Mesir. Kapal milik perusahaan Jepang itu dimintai ganti rugi Rp14 triliun setelah sempat menyumbat Terusan Suez.Loh? Silakan simak tulisan Dahlan Iskan ...
Senin, 22 Februari 2021 22:39 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*58. Warabbuka alghafuuru dzuu alrrahmati law yu-aakhidzuhum bimaa kasabuu la’ajjala lahumu al’adzaaba bal lahum maw’idun lan yajiduu min duunihi maw-ilaanDan Tuhanmu Maha Pengampun, memiliki kasih sayang. ...
Jumat, 09 April 2021 09:59 WIB
Memasuki Bulan Ramadan dan ibadah puasa, rubrik ini akan menjawab pertanyaan soal-soal puasa. Tanya-Jawab tetap akan diasuh Prof. Dr. KH. Imam Ghazali Said, M.A., Dekan Fakultas Adab dan Humaniora Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya (UINSA)...