Senin, 03 Agustus 2020 19:18

Keberadaan Puslatpur Dikeluhkan, DPRD Jatim akan Undang TNI AL untuk Dengar Aspirasi Warga

Selasa, 30 Juni 2020 10:31 WIB
Editor: Revol Afkar
Wartawan: Ahmad Fuad
Keberadaan Puslatpur Dikeluhkan, DPRD Jatim akan Undang TNI AL untuk Dengar Aspirasi Warga
Muzamil Syafii saat menerima perwakilan warga yang wadul soal keberadaan Puslatpur TNI AL, kemarin.

PASURUAN, BANGSAONLINE.com - Warga Kecamatan Lekok dan Nguling Kabupaten Pasuruan berkunjung ke kantor DPRD Jatim, Senin (29/6). Mereka mengeluhkan keberadaan Pusat Latihan Tempur (Puslatpur) TNI AL di wilayahnya.

Hal ini diungkapkan oleh Anggota Komisi A DPRD Jatim, Muzamil Syafii. Ia mengatakan, persoalan itu sebenarnya telah diadukan warga sejak lama.

“Kasus ini sudah mulai tahun 1980. Konflik terus sampai ada penembakan terhadap warga. Saat ini masyarakat ingin mengadukan persoalannya agar difasilitasi menyangkut 4.000 Hektare lahan yang dihuni oleh sekitar 10 ribu keluarga,” ujarnya.

“Dampak konflik ini masyarakat tidak bisa membangun, tidak bisa menikmati pendidikan yang bagus dan pelayanan kesehatan yang bagus. Alasannya, pihak TNI AL melakukan pelarangan fasilitas terhadap warga di sana. Termasuk juga tidak diperbolehkan masuknya aliran listrik di desa-desa. Ini yang melakukan adalah oknum dari TNI AL,” jelasnya.

Muzamil mengatakan, warga juga berusaha untuk menempuh jalur hukum untuk meminta kejelasan atas hak-hak warga dan TNI AL.

“Dulu rencananya TNI AL akan mendirikan Translok (Transmigrasi Lokal), namun berubah fungsi menjadi Puslatpur (Pusat Latihan Tempur). Ini jelas menyalahi,” jelasnya.

Muzamil mengaku menyayangkan apa yang dilakukan TNI AL dengan melarang warga mendapatkan hak-haknya sebagai warga negara. “Mereka telah melakukan pelanggaran hak-hak dasar warga di wilayah tersebut,” tandas mantan Wabup Pasuruan ini.

Terkait hal ini, Muzamil berencana mengundang pihak TNI AL untuk audiensi bersama warga. "Akan kita undang untuk dengar pendapat dengan warga, selanjutnya kita undang AL untuk memediasi lanjut terkait dengan tanah tersebut," pungkas politikus Nasdem tesebut kepada HARIAN BANGSA melalui selulernya, Selasa (30/6). (afa/rev)

Disnak Jatim Pastikan Telur yang Beredar Aman dan Sehat untuk Dikonsumsi
Rabu, 20 November 2019 13:57 WIB
Kepala Disnak Jatim, Wemmi Niamawati melakukan kampanye telur ayam Jawa Timur sehat, bebas zat beracun bersama staf di halaman Kantor Disnak Jatim.Dinas Peternakan Provinsi Jawa Timur dengan melaksanakan kampanye "Telur Ayam Jawa Timur Sehat Bebas Za...
Jumat, 24 Juli 2020 19:36 WIB
SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Kreatif. Itulah kata yang tepat untuk menggambarkan apa yang sudah dilakukan oleh Pemkot Surabaya dalam usahanya mempercantik kawasan Ekowisata Mangrove Medokan Sawah. Betapa tidak, dari sejumlah barang-barang bekas, sepe...
Kamis, 30 Juli 2020 21:34 WIB
Oleh: KH. Agoes Ali Masyhuri*Kebijakan Mendikbud Nadiem Makarim yang menyerahkan dana hibah puluhan miliar rupiah kepada Tanoto dan Sampoerna Foundation membuat dua ormas besar Islam Nahdlatul Ulama (NU) dan Muhammadiyah kecewa dan mundur dari organi...
Minggu, 02 Agustus 2020 22:39 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*25. Walabitsuu fii kahfihim tsalaatsa mi-atin siniina waizdaaduu tis’aanDan mereka tinggal dalam gua selama tiga ratus tahun dan ditambah sembilan tahun.26. Quli allaahu a’lamu bimaa labitsuu lahu ghaybu als...
Senin, 03 Agustus 2020 11:04 WIB
>>>>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Prof. Dr. KH. Imam Ghazali Said, M.A.. Kirim WA ke 081357919060, atau email ke bangsa2000@yahoo.com. Jangan lupa sertakan nama dan ala...