Hendak Buat Kolam Pancing, Kadus di Kediri Temukan Dugaan Obyek Cagar Budaya

Hendak Buat Kolam Pancing, Kadus di Kediri Temukan Dugaan Obyek Cagar Budaya Yuli Marwantoko, S.E., M.M., Kabid Sejarah dan Kebudayaan Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Kediri saat mengecek lokasi. (foto: MUJI/ BANGSAONLINE)

KEDIRI, BANGSAONLINE.com - Berniat menggali tanah untuk membuat kolam pancing, seorang kepala dusun di Kabupaten Kediri malah menemukan struktur bangunan yang diduga sebuah obyek berupa bangunan candi.

Obyek itu terletak di Dusun Kebonagung, Desa Brumbung, Kecamatan Kepung, Kabupaten Kediri. Sebelumnya, sudah pernah ditemukan prasasti Watutulis yang berjarak sekitar 50 meter dari ditemukannya obyek baru tersebut. Prasasti Watutulis itu, saat ini sudah tersimpan di tempat Balai Desa Brumbung.

Kepala Dusun (Kadus) Kebonagung, Desa Brumbung, Kecamatan Kepung, M. Sulton selaku pemilik lahan sekaligus penemu pertama diduga obyek itu menjelaskan bahwa awalnya tanah akan digali untuk keperluan kolam pemancingan.

Menurut Sulton, di atas tanah seluas sekitar 50 ru yang hendak digali, ada tumpukan batu bata. Ketika batu bata dipindahkan, di bawahnya terlihat struktur bangunan mirip candi. Semakin digali lebih dalam, semakin terlihat struktur bangunan yang tertata rapi.

Karena diduga obyek , Sulton lalu memberitahukan penemuan ini kepada Kades Brumbung, Siti Nurhanik. Oleh Kades Brumbung, diteruskan ke Juwito, Juru Pelihara Cagar Budaya Brumbung. Juwito meneruskan laporan ke Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Kediri yang langsung menurunkan tim untuk mengecek ke lokasi.

Yuli Marwantoko, S.E., M.M., Kabid Sejarah dan Kebudayaan Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Kediri menjelaskan bahwa setelah dicek di lokasi, struktur bangunan itu diduga obyek berupa patirtan, tempat bersuci.

"Dugaan sementara situs obyek berupa petirtaan ini adalah peninggalan Raja Kediri Baweswara dari Kerajaan Khadiri pada abad 10-2," ujar Yuli, Senin (6/7/2020). (uji/zar)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO