Sabtu, 15 Agustus 2020 06:48

Masyaallah, Muadzin di Sidoarjo Meninggal Saat Sedang Adzan Maghrib

Minggu, 12 Juli 2020 18:44 WIB
Editor: Revol Afkar
Wartawan: Catur Andy
Masyaallah, Muadzin di Sidoarjo Meninggal Saat Sedang Adzan Maghrib
Jenazah almarhum saat hendak dibawa ke RS Pusdikgasum, Porong.

SIDOARJO, BANGSAONLINE.com - Kumandang adzan magrib yang mengalun dari musala Al Barokah, Buduran, Sabtu (11/7) lalu tak lengkap. Di pertengahan, seruan salat itu tiba-tiba berhenti. Penyebabnya, sang muadzin mendadak tutup usia. Diduga disebabkan serangan jantung.

Muadzin itu bernama Abdul Hasan. Setiap harinya dia bertugas melantunkan azan di musala Al Barokah. Aktivitas tersebut sudah menjadi kebiasaan. Sejak lima tahun lalu.

Selepas bekerja mengayuh becak, Hasan pulang ke rumah. Pria 43 tahun itu bergegas membersihkan diri. Sebab, dia hendak mengumandangkan Azan.

Pukul 17.00 WIB, warga Desa Bireh, Sampang itu sudah tiba di musala. Sembari menunggu waktu magrib, dia membersihkan tempat ibadah tersebut.

Selang setengah jam, dia berdiri di depan pengeras suara. Azan mulai dilantunkan. Namun, di pertengahan, suara panggilan salat itu mendadak putus.

Salah satu saksi, Nanang mengatakan, Hasan tiba-tiba ambruk. Korban tak lagi bernapas. Jamaah salat magrib pun buyar. "Karena khawatir, kami panggil polisi dan ambulans," jelasnya.

Sampai di lokasi, petugas kesehatan bergegas mengenakan baju hazmat. Sejurus kemudian, jenazah dievakuasi. Hasan dilarikan ke RS Pusdikgasum, Porong.

Kapolsek Buduran Kompol Gatot Setiyo menjelaskan, pihaknya belum bisa memastikan penyebab kematian Hasan. "Masih menunggu hasil autopsi," jelasnya.

Namun, dia sudah mengantongi sejumlah keterangan dari saksi dan keluarga. "Korban punya riwayat sakit jantung. Kemungkinan dipicu itu," pungkasnya. (cat/rev)

Disnak Jatim Pastikan Telur yang Beredar Aman dan Sehat untuk Dikonsumsi
Rabu, 20 November 2019 13:57 WIB
Kepala Disnak Jatim, Wemmi Niamawati melakukan kampanye telur ayam Jawa Timur sehat, bebas zat beracun bersama staf di halaman Kantor Disnak Jatim.Dinas Peternakan Provinsi Jawa Timur dengan melaksanakan kampanye "Telur Ayam Jawa Timur Sehat Bebas Za...
Rabu, 12 Agustus 2020 20:53 WIB
NGANJUK, BANGSAONLINE.com - Mengantisipasi lonjakan penumpang saat libur panjang sekaligus meningkatkan bentuk pelayanan, KAI Daop 7 Madiun akan mengoperasikan dua KA Brantas, yakni KA 117 dan KA 118 relasi Blitar-Pasar Senen.Manajer Humas PT KAI Dao...
Kamis, 13 Agustus 2020 16:50 WIB
Oleh: Suparto Wijoyo---Ketika HARIAN BANGSA mengontak untuk membahas pilkada 9 Desember 2020, saya sedang bersungguh-sungguh untuk menyuguhkan argumentasi mengenai krisis pangan yang akan mengancam, apabila negeri ini tidak mampu membang...
Kamis, 13 Agustus 2020 09:55 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*25. Walabitsuu fii kahfihim tsalaatsa mi-atin siniina waizdaaduu tis’aanDan mereka tinggal dalam gua selama tiga ratus tahun dan ditambah sembilan tahun.26. Quli allaahu a’lamu bimaa labitsuu lahu ghaybu als...
Senin, 03 Agustus 2020 11:04 WIB
>>>>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Prof. Dr. KH. Imam Ghazali Said, M.A.. Kirim WA ke 081357919060, atau email ke bangsa2000@yahoo.com. Jangan lupa sertakan nama dan ala...