Selasa, 29 September 2020 08:06

Golkar Gresik Desak Pemerintah Siapkan Infrastruktur Kampung IT untuk Belajar Daring

Selasa, 28 Juli 2020 10:09 WIB
Editor: Revol Afkar
Wartawan: Syuhud
Golkar Gresik Desak Pemerintah Siapkan Infrastruktur Kampung IT untuk Belajar Daring
Ahmad Nurhamim.

GRESIK, BANGSAONLINE.com - Banyaknya keluhan orang tua siswa soal sistem belajar dengan model dalam jaringan (daring) atau online di masa pandemik Covid-19, direspons oleh Ketua DPD Golkar Kabupaten Gresik, Ahmad Nurhamim.

Menurut Nurhamim, banyak orang tua siswa yang mengeluhkan model belajar tersebut, karena minimnya infrastruktur penunjang yang disiapkan oleh pemerintah. Misalnya, sarana jejaring seperti akses internet gratis.

"Dampaknya apa? Masyarakat yang sudah susah di saat pandemik Covid-19, mereka ketambah dibebani biaya untuk beli paketan internet anaknya untuk belajar daring," ungkap Wakil Ketua DPRD Gresik ini.

Bahkan, kata Nurhamim, tak jarang orang tua terpaksa harus membelikan handphone anaknya untuk kebutuhan belajar daring di rumah. "Fakta ini membuat orang tua makin terbebani. Terlebih, mereka dari kalangan keluarga tak mampu," ujarnya.

Karena itu, Nurhamim meminta pemerintah menyiapkan infrastruktur terlebih dahulu sebelum membuat kebijakan model daring. "Pemerintah harus menyiapkan sarana infrastruktur internet gratis di semua desa atau kampung," ujar politikus yang karib disapa Anha ini.

Anha menyarankan pemerintah membuat kampung IT (informasi dan teknologi) supaya masyarakat pelajar bisa menikmati internet di rumah masing-masing, khususnya untuk keperluan pendidikan.

"Untuk dananya, pemerintah bisa membuat kebijakan seperti realokasi belanja. Sebagai contoh belanja bantuan operasional sekolah (BOS) atau belanja bantuan pendidikan lain," katanya.

Anha mengatakan, Golkar mendukung kebijakan pemerintah dalam menerapkan peralihan model belajar dari model tatap muka ke daring di saat pandemik Covid-19. Sebab, kebijakan ini salah satunya bertujuan untuk mencegah sebaran Covid-19.

"Namun, pencegahan juga harus juga diimbangi dengan kebutuhan masyarakat pelajar, utamanya terkait layanan kebutuhan sarana pendidikan di masa pandemik Covid-19 seperti akses internet dan sarana penunjang lain secara gratis, sehingga tak kian membebani masyarakat," pungkasnya. (hud/rev)

Disnak Jatim Pastikan Telur yang Beredar Aman dan Sehat untuk Dikonsumsi
Rabu, 20 November 2019 13:57 WIB
Kepala Disnak Jatim, Wemmi Niamawati melakukan kampanye telur ayam Jawa Timur sehat, bebas zat beracun bersama staf di halaman Kantor Disnak Jatim.Dinas Peternakan Provinsi Jawa Timur dengan melaksanakan kampanye "Telur Ayam Jawa Timur Sehat Bebas Za...
Minggu, 20 September 2020 21:35 WIB
BANYUWANGI, BANGSAONLINE.com - Banyuwangi banyak memiliki pantai cantik yang mempesona dengan keindahannya. Pantai yang bisa memikat para traveler datang di bumi sunrise of java ini.Tetapi bukan hanya pantai cantik saja yang menarik wisatawan mancan...
Kamis, 17 September 2020 20:43 WIB
Oleh: M Mas’ud Adnan---Sebuah video mencuat di media sosial. Viral. Isinya seorang perempuan desa. Madura. Menyanyikan lagu dangdut. Ciptaan Rhoma Irama.Penampilan perempuan itu sangat udik. Norak. Tanpa rias wajah. Bahkan video itu direkam d...
Senin, 28 September 2020 22:43 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*32. waidhrib lahum matsalan rajulayni ja’alnaa li-ahadihimaa jannatayni min a’naabin wahafafnaahumaa binakhlin waja’alnaa baynahumaa zar’aanDan berikanlah (Muhammad) kepada mereka sebuah perumpamaan, dua...
Minggu, 27 September 2020 12:00 WIB
>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Prof. Dr. KH. Imam Ghazali Said, M.A.. Kirim WA ke 081357919060, atau email ke bangsa2000@yahoo.com. Jangan lupa sertakan nama dan alamat. <<&l...