Rabu, 23 September 2020 05:49

Antisipasi Covid-19, Pilkades Serentak Sidoarjo Disarankan Digelar di Tempat Terbuka

Kamis, 06 Agustus 2020 21:07 WIB
Editor: Yudi Arianto
Wartawan: Mustain
Antisipasi Covid-19, Pilkades Serentak Sidoarjo Disarankan Digelar di Tempat Terbuka
MULAI KAMPANYE: Baliho Cakades Jati Kecamatan Sidoarjo di Perum Pondok Jati Sidoarjo. foto: MUSTAIN/ BANGSAONLINE

SIDOARJO, BANGSAONLINE.com - Pemkab Sidoarjo menerima sejumlah saran dan rekomendasi dari tim epidemiologi FKM Universitas Airlangga (Unair) terkait pelaksanaan Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) Serentak 20 September 2020. Rekomendasi itu mengantisipasi hajatan pilkades agar tidak menjadi sumber penularan baru Covid-19.

Salah satunya, tim Unair meminta pilkades digelar di tempat terbuka, semisal lapangan atau halaman sekolah yang luas. "Ini untuk menghindari penularan Covid-19," cetus dosen Fakultas Kesehatan Masyarakat (FKM) Unair, dr Windhu Purnomo saat pertemuan dengan Pemkab Sidoarjo membahas Pilkades Serentak, di Pendapa Delta Wibawa, Kamis (6/8).

Diketahui, Tim Unair sengaja diundang Pemkab Sidoarjo untuk memberikan analisa dan rekomendasi terkait digelarnya pilkades serentak di tengah pandemi Covid-19. Dalam pertemuan ini hadir Wabup Nur Ahmad Syaifuddin, Kapolresta Kombes Pol Sumardji, Ketua Komisi A DPRD Sidoarjo Subandi, Sekda Achmad Zaini, Kadinkes, Direktur RSUD Sidoarjo, dan OPD terkait.

Dalam pertemuan itu, dr Windhu menyatakan pilkades serentak sangat riskan dilaksanakan apabila suatu daerah masih zona oranye. Minimal harus zona kuning. Dan saat ini Sidoarjo masih zona oranye. Namun jika harus digelar, penyelenggaraannya harus aman. Protokol kesehatan harus dijalankan dengan benar.

Dia juga meminta ada prosedur khusus bagi desa dengan jumlah pemilih yang banyak. Desa dengan pemilih 5.000 lebih, harus lebih diwaspadai. Sehingga prosedur pelaksanaan pilkades harus dibedakan, antara desa pemilih 3.000 orang dengan desa pemilih 5.000 orang.

Dokter Windhu juga menyarankan agar panitia pilkades mendatangi rumah pemilih positif Covid-19. Sehingga warga tersebut tetap bisa menggunakan hak pilihnya. Dia juga menyarankan ada bilik khusus bagi pemilih dengan suhu badan di atas 37 derajat. "Yang terbaik didatangi oleh petugas pakai APD, hazmat, ndak banyak kok (pemilih positif covid-19),” tegasnya.

Dalam pertemuan itu, tim Pemkab Sidoarjo juga memaparkan mekanisme pelaksanaan pilkades serentak memakai protokol kesehatan. Yakni, menerapkan tiga ring area di lokasi tempat pemungutan suara (TPS). Ring pertama area pemungutan, ring kedua area tunggu sebelum masuk TPS, dan ring ketiga area bebas pedagang atau kegiatan di luar pemungutan suara.

Pemkab juga mengambil langkah pencegahan Covid-19 sebelum hari pemungutan suara. Di antaranya melakukan rapid test kepada panitia pilkades dan calon kepala desa (cakades). Selain itu melakukan penyemprotan disinfektan di lokasi TPS pada H-1 pelaksanaan pilkades.

Wabup Nur Ahmad Syaifuddin mengatakan, pemkab bakal menjalankan saran dan rekomendasi dari tim Unair. Dia meminta Dinas PMD menindaklanjutinya dengan OPD terkait. Dia berharap saat pelaksanaan nanti, Sidoarjo sudah zona kuning.

Wabup menjelaskan, bakal ada perlakuan khusus bagi pemilih positif Covid-19. Yakni disediakan TPS khusus. Atau menurutnya, sebaiknya panitia pilkades mendatangi rumah warga positif Covid-19 itu. "Didatangi petugas dengan memakai baju hazmat dan kartu yang dicoblos itu dimasukkan di amplop,” tandas Cak Nur, panggilan karib Nur Ahmad Syaifuddin.

Sebagai informasi, pilkades serentak di Sidoarjo, yang semula dijadwalkan 19 April 2020 lalu, ditunda akibat wabah Covid-19. Pilkades serentak ini bakal digelar di 174 desa. Kala itu, beberapa tahapan pilkades sudah berjalan, termasuk telah menetapkan cakades yang mengikuti pilkades serentak. (sta/ian)

Disnak Jatim Pastikan Telur yang Beredar Aman dan Sehat untuk Dikonsumsi
Rabu, 20 November 2019 13:57 WIB
Kepala Disnak Jatim, Wemmi Niamawati melakukan kampanye telur ayam Jawa Timur sehat, bebas zat beracun bersama staf di halaman Kantor Disnak Jatim.Dinas Peternakan Provinsi Jawa Timur dengan melaksanakan kampanye "Telur Ayam Jawa Timur Sehat Bebas Za...
Minggu, 20 September 2020 21:35 WIB
BANYUWANGI, BANGSAONLINE.com - Banyuwangi banyak memiliki pantai cantik yang mempesona dengan keindahannya. Pantai yang bisa memikat para traveler datang di bumi sunrise of java ini.Tetapi bukan hanya pantai cantik saja yang menarik wisatawan mancan...
Kamis, 17 September 2020 20:43 WIB
Oleh: M Mas’ud Adnan---Sebuah video mencuat di media sosial. Viral. Isinya seorang perempuan desa. Madura. Menyanyikan lagu dangdut. Ciptaan Rhoma Irama.Penampilan perempuan itu sangat udik. Norak. Tanpa rias wajah. Bahkan video itu direkam d...
Selasa, 15 September 2020 13:32 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*30. inna alladziina aamanuu wa’amiluu alshshaalihaati innaa laa nudhii’u ajra man ahsana ‘amalaanSungguh, mereka yang beriman dan mengerjakan kebajikan, Kami benar-benar tidak akan menyia-nyiakan pahala or...
Jumat, 11 September 2020 09:50 WIB
>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Prof. Dr. KH. Imam Ghazali Said, M.A.. Kirim WA ke 081357919060, atau email ke bangsa2000@yahoo.com. Jangan lupa sertakan nama dan alamat. <<&l...