Sabtu, 15 Mei 2021 19:16

PPPT Resmi Dikukuhkan oleh Bupati Trenggalek Moh. Nur Arifin

Senin, 17 Agustus 2020 23:05 WIB
Editor: Revol Afkar
Wartawan: Herman Subagyo
PPPT Resmi Dikukuhkan oleh Bupati Trenggalek Moh. Nur Arifin
Pengukuhan PPPT oleh Bupati Arifin di Pendopo Trenggalek. foto: HERMAN/ BANGSAONLINE

TRENGGALEK, BANGSAONLINE.com - Tanggal 17 Agustus tahun ini merupakan momen bersejarah bagi petani Porang Trenggalek. Pasalnya puluhan petani porang yang tergabung dalam wadah Perkumpulan Petani Porang Trenggalek (PPPT) dikukuhkan oleh Bupati Trenggalek Moh. Nur Arifin di pendopo Kabupaten Trenggalek, Minggu (17/8).

Pengukuhan organisasi PPPT ini digelar sore hari usai upacara penurunan bendera merah putih dan disaksikan oleh Forum Komunikasi Pimpinan Daerah Kabupaten Trenggalek.

Dalam sambutannya, Bupati Arifin meminta agar PPPT nantinya bisa mendongkrak perekonomian Kabupaten Trenggalek, khususnya di dunia pertanian.

"Harapan saya setelah dikukuhkan ini, kalian bisa mendongkrak ekonomi Trenggalek," kata Bupati Arifin dalam sambutannya.

BACA JUGA : 

Program Insentif Rp200 Ribu untuk Keluarga Sehat Tuai Pertanyaan Wakil Ketua DPRD Trenggalek

Keluarga Sehat di Trenggalek Bakal Dapat Insentif 200 Ribu Tiap Bulan, Mau? Simak Syaratnya

Bahas Kerja Sama Sektor Wisata, Bupati Kediri dan Bupati Trenggalek Bakal Siapkan Diskon

Lantik 15 Kades, Bupati Arifin: Sukseskan Imbauan Larangan Mudik

Bupati Arifin mengatakan, Porang merupakan salah satu unsur bahan nuklir. Oleh karenanya, para petani Porang diharapkan bisa menjadi bom ekonomi atau peningkatan ekonomi bagi kabupaten Trenggalek.

Apalagi, pertanian, khususnya porang, merupakan bidang yang tidak begitu terdampak selama masa pandemi Covid-19.

Sementara Ketua PPPT Ir. Agung Sudjatmiko mengatakan pengukuhan dibentuknya PPPT ini bertujuan mempersatukan seluruh petani Porang di Kabupaten Trenggalek.

Ia menjelaskan, tugas dari PPPT ke depan adalah mendata seluruh petani Porang di Trenggalek, sekaligus menginventarisir ketersedian Porang di masing-masing kecamatan yang siap panen.

"Yang tak kalah pentingnya, organisasi PPPT ini nantinya akan menjembatani pemasaran antara petani Porang dan pihak perusahaan yang bergerak di dunia Porang. Jadi nanti kita yang menjadi garda depan dalam memasarkan hasil panen Porang pada pabrik. Oleh karena itu, kita nanti juga mendata di masing-masing kecamatan. Ada berapa ton yang siap panen dan siap untuk kita pasarkan," jelasnya.

Mantan Asisten 2 Bidang Perekonomian Pemkab Trenggalek ini juga berharap adanya wadah organisasi PPPT mengurai persoalan petani Porang, mulai dari on farm hingga off farm.

"On farm itu mulai dari cara penanaman bibit Porang, budidaya, sedangkan off farm itu dari sisi hasil panen dan pemasaran," terangnya. (man/rev)

Artis Greta Garbo Ajak Nikah ​Albert Einstein
Rabu, 12 Mei 2021 04:07 WIB
SURABAYA, BANGSAONLINE.com – Anekdot Gus Dur Edisi Ramadan episode 30 mereview cerita Gus Dur tentang fisikawan Albert Eintein dan model cantik Greta Garbo. “Anekdot ini saya ambil dari buku berjudul Gus Dur hanya Kalah dengan Orang Madura,...
Jumat, 16 April 2021 16:59 WIB
BANYUWANGI, BANGSAONLINE.com - Kabupaten Banyuwangi memiliki cara menarik untuk memelihara infrastruktur fisiknya. Salah satunya, dengan menggelar festival kuliner di sepanjang pinggiran saluran primer Dam Limo, Kecamatan Tegaldlimo be...
Sabtu, 15 Mei 2021 09:10 WIB
SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Kerusuhan 13 Mei 1998 terus diperingati oleh masyarakat Tionghoa di Indonesia. Korban aksi anarkis itu sebagian memang etnis Tionghoa.Uniknya, mereka memperingati dengan menyajikan rujak pare dan sambal jombrang. Apa...
Kamis, 13 Mei 2021 19:51 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*61. falammaa balaghaa majma’a baynihimaa nasiyaa huutahumaa faittakhadza sabiilahu fii albahri sarabaanMaka ketika mereka sampai ke pertemuan dua laut itu, mereka lupa ikannya, lalu (ikan) itu melompat mengamb...
Jumat, 14 Mei 2021 10:11 WIB
Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam tentang kehidupan sehari-hari. Diasuh Prof. Dr. KH. Imam Ghazali Said, M.A., Dekan Fakultas Adab dan Humaniora Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya (UINSA) dan pengasuh Pesantren Mahasiswa An-Nur Won...