Penggalian Situs Pendem Dilanjutkan Usai PAK, Kali ini ke Arah Utara

Penggalian Situs Pendem Dilanjutkan Usai PAK, Kali ini ke Arah Utara Proses penggalian situs yang ditemukan di Desa Pendem, Kecamatan Junrejo, sudah dilakukan sebanyak tiga tahap.

KOTA BATU, BANGSAONLINE.com - Setelah lama tidak ada kabarnya sejak merebaknya Covid-19, penggalian situs Pendem yang berlokasi di Desa Pendem, Kecamatan Junrejo, Kota Batu siap dilanjutkan lagi tahun ini. Kali ini fokus penggalian ke arah Utara.

"Berdasarkan informasi dari Dinas Pariwisata, eskavasi penemuan situs akan dilanjutkan tahun ini. Namun masih menunggu PAK yang masih akan dibahas dewan," ujar Kades Pendem Tri Wahyuwono Efendi kepada BANGSAONLINE.com, Kamis (20/8).

Seperti diberitakan, pada Februari 2020 lalu, warga Desa Pendem dikejutkan penemuan situs kuno di lahan seluas 1.500 meter persegi milik Sutrisni, warga Gang Keramat, Desa Pendem. Situs kuno tersebut diperkirakan merupakan bangunan batur atau pandapa pra kerajaan Majapahit. Proses eskavasi sendiri sudah dilakukan sebanyak tiga tahap.

Hingga saat ini, luas penggalian situs Pendem sudah mencapai luas 10 x 10 meter persegi dengan kedalaman 1,5 meter. Berdasarkan kajian Balai Pelestarian Cagar Budaya (BPCB) Trowulan, eskavasi akan dilanjutkan ke arah Utara.

Kades Tri Wahyuwono berharap ke depan area penemuan situs itu bisa menjadi wisata budaya di Kota Batu untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Kepala Dinas Pariwisata Kota Batu, Arif Assidiq membenarkan jika saat ini pihaknya tengah menyiapkan tindak lanjut eskavasinya. "Benar, Mas. Kami saat ini sedang mempersiapkan untuk proses tindaklanjut eskavasinya," ujar Arif. (asa/rev)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO