Tingkatkan Kualitas Hidup Warga Binaan, Lapas Pamekasan Gelar Sertifikasi Keahlian Konstruksi

Tingkatkan Kualitas Hidup Warga Binaan, Lapas Pamekasan Gelar Sertifikasi Keahlian Konstruksi Kalapas Kelas II A Pamekasan, M. Hanafi dan Pejabat Kementerian PUPR Provinsi Jawa Timur, Irsyadul Ibad. (foto: ist).

PAMEKASAN, BANGSAONLINE.com - Lembaga Pemasyarakatan Kelas II A Pamekasan bekerja sama dengan Balai Jasa Konstruksi Wilayah IV Surabaya Direktorat Jenderal Bina Konstruksi Kementerian Pekerjaan Umum Perumahan Rakyat (PUPR) menggelar pelatihan di bidang jasa konstruksi dan pertukangan untuk para warga binaan yang dilaksanakan mulai Senin (7/9/2020) hingga Jumat (11/9/2020).

Pejabat Kementerian PUPR Provinsi Jawa Timur, Irsyadul Ibad mengungkapkan, kegiatan ini dilaksanakan selama 5 hari, yakni dari tanggal 7 hingga 11 September 2020. Selama itu, peserta akan diberikan teori dan praktik. Kemudian, hari terakhir ada penilaian kelayakan dari tim penilai LPJK Provinsi Jawa Timur. Nantinya, akan ditentukan kompeten atau tidak.

“Sebanyak 40 warga binaan mengikuti kegiatan tersebut, yakni 20 tukang kayu, dan 20 tukang taman. Harapannya, mereka menyerap ilmu sebaik mungkin untuk bekal setelah kembali ke masyarakat,” ujarnya, Selasa (8/9/2020).

Irsyad menegaskan, dipilihnya Lapas Kelas II A Pamekasan ini sebagai sasaran pelatihan lantaran selama ini pihaknya telah menjalin kerja sama dan juga sesuai dengan target.

"Itu terbukti pada kerja sama tahun 2019, Lapas Kelas II A Pamekasan telah banyak menghasilkan produk-produk unggulan dan output berkualitas dalam karyanya," tegasnya.

“Syukur Alhamdulillah, tahun ini kita dapat kesempatan bekerja sama lagi. Saat ini tenaga konstruksi harus bersertifikat. Dari tukang mandor maupun tenaga ahli. Bahkan jadi syarat utama untuk tender terutama anggaran APBN,” sambungnya.

Simak berita selengkapnya ...