Dandim 0816/Sidoarjo ​Pimpin Upacara Pembukaan Pra-TMMD Desa Kedungkembar

Dandim 0816/Sidoarjo ​Pimpin Upacara Pembukaan Pra-TMMD Desa Kedungkembar Upacara Pra-TMMD (TNI Manunggal Membangun Desa) Tahun 2020 yang bertempat di Desa Kedungkembar, Kecamatan Prambon, Kabupaten Sidoarjo, Rabu (16/9/2020). (foto: ist).

SIDOARJO, BANGSAONLINE.com - Komandan Kodim 0816/Sidoarjo, Letkol Inf. Muhammad Iswan Nusi, S.H., memimpin Upacara Pra-TMMD (TNI Manunggal Membangun Desa) Tahun 2020 yang bertempat di Desa Kedungkembar, Kecamatan Prambon, Kabupaten Sidoarjo, Rabu (16/9/2020).

"Banyak terima kasih atas kehadiran para tamu undangan sekalian, serta partisipasi para peserta upacara sekalian untuk ikut bersama-sama membuka kegiatan Pra-TMMD Tahun 2020 di Desa Kedungkembar, Prambon, Sidoarjo," ujar Komandan Kodim 0816/Sidoarjo, Letkol Inf. Muhammad Iswan Nusi, S.H.

"Perlu diketahui bersama bahwa TMMD merupakan program lintas sektoral yang melibatkan serta memadukan unsur-unsur TNI, kementerian, lembaga pemerintah nonkementerian, dan pemerintah daerah serta elemen masyarakat dalam rangka membantu pemerintah untuk ikut serta mendukung akselerasi pembangunan nasional baik fisik maupun nonfisik, khususnya di wilayah-wilayah desa yang memiliki pembangunan desa tertinggal," sambungnya.

Oleh karena itu, lanjutnya, melalui penyelenggaraan TMMD yang terencana dan terlaksana dengan baik diharapkan dapat menjadi salah satu solusi. "Sekaligus bentuk peran serta nyata kita dalam mempercepat upaya pembangunan daerah di berbagai pelosok Nusantara," cetusnya.

Ia menerangkan, dalam kegiatan TMMD strategi pemberdayaan masyarakat harus tercermin. "Mengomunikasikan program TMMD kepada masyarakat, sehingga masyarakat ikut serta dalam melaksanakan pembangunan," terangnya.

Selain itu, imbuhnya, tujuan dan sasarannya harus dipahami dan manfaatnya harus dirasakan oleh masyarakat, memperkuat dan mengembangkan potensi masyarakat.

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO