Sabtu, 31 Oktober 2020 14:54

Tangkap Nelayan Asal Lamongan yang Gunakan Trawl, Nelayan Arosbaya Minta Ketegasan Polisi

Minggu, 27 September 2020 18:30 WIB
Editor: Revol Afkar
Wartawan: Subaidah
Tangkap Nelayan Asal Lamongan yang Gunakan Trawl, Nelayan Arosbaya Minta Ketegasan Polisi
Nelayan Arosbaya menunjukkan kapal nelayan asal Lamongan yang diamankan.

BANGKALAN, BANGSAONLINE.com - Bilal Kurniawan, Ketua Kelompok Masyarakat Pengawas Nelayan dan Pesisir Kecamatan Arosbaya meminta ketegasan pihak kepolisian untuk menindaklanjuti nelayan luar daerah yang menangkap ikan menggunakan trawl.

Sebab, ia bersama nelayan berulang kali mengamankan nelayan dari luar daerah yang menangkap ikan menggunakan trawl. Terbaru, pihaknya mengamankan kapal yang terdiri dari lima awak kapal asal Lamongan yang menggunakan trawl di wilayah perairan Arosbaya.

"Ini sudah terjadi berulang kali di perairan Arosbaya. Saya minta ini ditindaklanjuti sesuai dengan hukum yang berlaku. Karena sudah sering kali terjadi, namun tidak ada efek jera," ujarnya kepada BANGSAONLINE.com, Minggu (27/9/2020).

Apalagi menurutnya, saat dilakukan penangkapan, pihaknya juga menemukan bubu ikan milik nelayan setempat di kapal asal Lamongan tersebut.

(Bubu ikan milik nelayan setempat yang ditemukan di kapal nelayan asal Lamongan)

Sementara itu, Kasatpolair Polres Bangkalan AKP Ludwi Yarsa Pramono saat dikonfirmasi membenarkan adanya penangkapan nelayan asal Lamongan oleh nelayan setempat.

Ia mengakui kejadian seperti ini memang sering terjadi. Pihaknya juga terus melakukan upaya serta penegakan hukum untuk memberikan efek jera terhadap para nelayan.

"Iya memang sering terjadi. Tahun ini juga sudah beberapa kali dilakukan penegakan hukum dari Polair sendiri," jelasnya.

Selain melakukan patroli rutin, pihaknya juga melakukan sosialisasi dan imbauan kepada para nelayan tradisional yang tidak menggunakan alat navigasi lengkap, agar mencari ikan sesuai dengan aturan yang ada. Namun masih dilanggar.

"Saat kami patroli rutin, para nelayan ini berada di sisi Barat perairan Bangkalan. Tapi saat kita tidak sedang patroli, mereka melewati batas yang ada," ujarnya.

"Untuk penegakan hukum tentu akan kami lakukan. Serta patroli rutin di wilayah perairan Bangkalan, khususnya di perbatasan area Gresik dan Lamongan," pungkasnya. (ida/uzi/rev)

Disnak Jatim Pastikan Telur yang Beredar Aman dan Sehat untuk Dikonsumsi
Rabu, 20 November 2019 13:57 WIB
Kepala Disnak Jatim, Wemmi Niamawati melakukan kampanye telur ayam Jawa Timur sehat, bebas zat beracun bersama staf di halaman Kantor Disnak Jatim.Dinas Peternakan Provinsi Jawa Timur dengan melaksanakan kampanye "Telur Ayam Jawa Timur Sehat Bebas Za...
Rabu, 28 Oktober 2020 18:30 WIB
NGANJUK, BANGSAONLINE.com - Selama ini, masyarakat jamak mengetahui khasiat minyak kayu putih dipakai sebagai penghilang masuk angin atau perut kembung. Jarang atau belum banyak yang tahu kalau minyak tersebut berasal dari sebuah tanaman kayu putih. ...
Senin, 12 Oktober 2020 19:15 WIB
Oleh: M Mas’ud Adnan --- Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) minta para kepala daerah meniru Jawa Timur dan Sulawesi Selatan dalam menangani Covid-19. Dua provinsi tersebut – menurut Jokowi - mampu menekan angka kasus Covid-19."Saya mencata...
Kamis, 22 Oktober 2020 10:40 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*34. wakaana lahu tsamarun faqaala lishaahibihi wahuwa yuhaawiruhu anaa aktsaru minka maalan wa-a’azzu nafaraandan dia memiliki kekayaan besar, maka dia berkata kepada kawannya (yang beriman) ketika bercakap-ca...
Sabtu, 31 Oktober 2020 10:28 WIB
>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Prof. Dr. KH. Imam Ghazali Said, M.A.. Kirim WA ke 081357919060, atau email ke bangsa2000@yahoo.com. Jangan lupa sertakan nama dan alamat. <<&l...