Selasa, 01 Desember 2020 06:02

BPBD Ngawi Prediksi 9 Kecamatan Alami Kekeringan Tahun Ini

Minggu, 27 September 2020 19:40 WIB
Editor: Yudi Arianto
Wartawan: Zainal Abidin
BPBD Ngawi Prediksi 9 Kecamatan Alami Kekeringan Tahun Ini
Petugas sedang membagikan air bersih ke warga.

NGAWI, BANGSAONLINE.com - Mulai pertengahan bulan September ini, beberapa daerah di wilayah Kabupaten Ngawi sudah mulai dilanda kekeringan. Hal ini terlihat dari armada truk tangki milik BPBD yang setiap hari mengirim bantuan air bersih ke beberapa desa.

Untuk memenuhi permintaan distribusi air bersih dari para kepala desa, pihak BPBD Ngawi telah menyiapkan 15 kendaraan tangki. "Kita telah menyiagakan kendaraan tangki air bersih untuk memenuhi permintaan desa yang membutuhkan," jelas Broto Sanjoyo, sekretaris BPBD Ngawi kepada BANGSAONLINE.com.

Menurut data dari BPBD Ngawi, pada tahun 2018 terdapat 30 desa yang mengalami kekeringan. Dan pada tahun 2019 ternyata ada peningkatan menjadi 45 desa yang mengalami bencana tahunan tersebut. Kebanyakan yang mengalami kesulitan air bersih merupakan daerah di wilayah pegunungan atau dataran tinggi.

Seperti di Kecamatan Beringin pada tahun lalu merupakan kecamatan dengan desa yang terbanyak mengalami kesulitan air bersih. Setelah itu disusul Kecamatan Pitu, Kecamatan Karanganyar, dan Kecamatan Karangjati.

"Kalau dari catatan kita untuk tahun sebelumnya dari Kecamatan Beringin merupakan kecamatan yang paling banyak desanya mengalami kekeringan," urainya.

Sedangkan untuk tahun ini dari BPBD Ngawi telah memprediksi 9 kecamatan akan dilanda kekeringan. Yaitu Kecamatan Mantingan, Karanganyar, Widodaren, Kedunggalar, Pitu, Beringin, Kasreman, Padas, dan Karangjati.

Berdasarkan ramalan dari BMKG, bahwa tahun ini akan dilanda musim kemarau panjang. Dampaknya, akan menambah desa yang mengalami krisis air dari tahun sebelumnya.

"Kita memperkirakan akan ada pertambahan sebab dari ramalan BMKG bahwa musim kemarau akan lebih panjang," pungkasnya. (nal/ian)

Disnak Jatim Pastikan Telur yang Beredar Aman dan Sehat untuk Dikonsumsi
Rabu, 20 November 2019 13:57 WIB
Kepala Disnak Jatim, Wemmi Niamawati melakukan kampanye telur ayam Jawa Timur sehat, bebas zat beracun bersama staf di halaman Kantor Disnak Jatim.Dinas Peternakan Provinsi Jawa Timur dengan melaksanakan kampanye "Telur Ayam Jawa Timur Sehat Bebas Za...
Jumat, 20 November 2020 22:13 WIB
SUMENEP, BANGSAONLINE.com - Berbicara tentang destinasi wisata di Kabupaten Sumenep memang tak pernah sepi. Selain memiliki sejumlah tempat wisata religi dan budaya, kabupaten yang berada di ujung timur Pulau Madura ini juga memiliki segudang destina...
Sabtu, 28 November 2020 22:34 WIB
Oleh: M Mas’ud Adnan --- Nahdlatul Ulama (NU) punya khasanah (bahasa) baru: Neo Khawarij NU. Istilah seram ini diintroduksi KH Imam Jazuli, LC, MA, untuk mestigmatisasi kelompok kritis NU: Komite Khittah Nahdlatul Ulama (KKNU). Khawarij ...
Sabtu, 28 November 2020 15:26 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*39. walawlaa idz dakhalta jannataka qulta maa syaa-a allaahu laa quwwata illaa biallaahi in tarani anaa aqalla minka maalan wawaladaanDan mengapa ketika engkau memasuki kebunmu tidak mengucapkan ”Masya Allah, ...
Sabtu, 28 November 2020 12:00 WIB
>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Prof. Dr. KH. Imam Ghazali Said, M.A.. Kirim WA ke 081357919060, atau email ke bangsa2000@yahoo.com. Jangan lupa sertakan nama dan alamat. <<&l...