Rabu, 02 Desember 2020 19:24

Disparpora Kota Pasuruan Gelar Pelatihan Tata Kelola Pariwisata

Senin, 19 Oktober 2020 16:47 WIB
Editor: Revol Afkar
Wartawan: Ardianzah
Disparpora Kota Pasuruan Gelar Pelatihan Tata Kelola Pariwisata
Pelatihan Tata Kelola Destinasi Pariwisata yang digelar Disparpora Kota Pasuruan bertempat di salah satu hotel, Senin (19/10).

KOTA PASURUAN, BANGSAONLINE.com - Dinas Pariwisata, Pemuda, dan Olahraga (Disparpora) Kota Pasuruan menggelar Pelatihan Tata Kelola Destinasi Pariwisata bertempat di salah satu hotel di Kota Pasuruan, Senin (19/10).

Kegiatan tersebut dibuka oleh Asisten Perekonomian dan Pembangunan Sekretariat Daerah Kota Pasuruan, Yudhi Harnendro, S.H., M.Si. mewakili Pjs. Wali Kota Pasuruan.

Dalam sambutannya, Yudhi Harnendro mengatakan pelatihan ini digelar menindaklanjuti Peraturan Daerah Nomor 15 Tahun 2020 tentang Rencana Pembangunan Jangka Panjang Daerah Kota Pasuruan Tahun 2005-2025, yaitu “Terwujudya Kota Pasuruan Sebagai Kota Perniagaan Menuju Masyarakat Madani dan Sejahtera”. Perda tersebut membawa misi pengembangan pariwisata di Kota Pasuruan melalui integrasi nilai-nilai budaya dan sosial kultural masyarakat.

"Saya sangat yakin bahwa pengembangan kepariwisataan dengan tata kelola yang baik nantinya akan menjadi pilar perekonomian di Kota Pasuruan. Namun pembangunan kepariwisataan memerlukan dukungan dan keterlibatan seluruh pemangku kepentingan di bidang pariwisata, dan masyarakat merupakan salah satu unsur penting di dalamnya. Oleh karena itu, dukungan masyarakat turut menentukan keberhasilan jangka panjang pengembangan keperiwisataan, sehingga dapat mengaktualisasikan nilai-nilai penting yang terkandung dalam sapta pesona," paparnya.

Yudhi juga menyampaikan pesan Pjs. Wali Kota Pasuruan kepada para peserta pelatihan, agar kreatif menggerakkan pembangunan kepariwisataan di Kota Pasuruan. Apalagi, selama ini pemkot telah menunjung pembangunan dengan fasilitas-fasilitas yang tidak murah.

"Oleh karena itu, sekali lagi mari kita awali dari sini, manfaatkan kesempatan pelatihan ini dengan sebaik-baiknya. Tak ada kata terlambat untuk sebuah perubahan," pungkasnya.

Sementara Plt. Kepala Disparpora Kota Pasuruan, Mohammad Agus Fadjar, S.S.T.P., M.M. menyampaikan bahwa pelatihan tersebut bertujuan agar peserta dapat memahami Tata Kelola Destinasi Pariwisata. 

Pelatihan ini mendatangkan narasumber  Sucipto, S.Pd, M.Pd dari Prodi Pariwisata Fakultas Ekonomi Universitas Terbuka yang menyampaikan materi pengembangan SDM dalam pengelolaan pariwisata berbasis lokal, pengembangan dan pengembangan potensi lokal sebagai konsep dasar pengelolaan pariwisata yang suitable, serta tahapan penyusunan perencanaan kampung wisata sebagai daerah tujuan wisata berkelanjutan. 

Acara ini dihadiri camat dan lurah, serta serta Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) Kelurahan Pohjentrek, Gadingrejo, Purworejo, Purut, Kandangsapi, Bakalan, Karanganyar, Pekuncen, Tambaan, dan Kebonsari. (ard/par/rev)

Disnak Jatim Pastikan Telur yang Beredar Aman dan Sehat untuk Dikonsumsi
Rabu, 20 November 2019 13:57 WIB
Kepala Disnak Jatim, Wemmi Niamawati melakukan kampanye telur ayam Jawa Timur sehat, bebas zat beracun bersama staf di halaman Kantor Disnak Jatim.Dinas Peternakan Provinsi Jawa Timur dengan melaksanakan kampanye "Telur Ayam Jawa Timur Sehat Bebas Za...
Selasa, 01 Desember 2020 16:52 WIB
PROBOLINGGO, BANGSAONLINE.com – Meletusnya Gunung Semeru di Kabupaten Lumajang, tidak mengakibatkan kenaikan material vulkanik di Gunung Bromo, Kabupaten Probolinggo.Namun demikian, status Gunung Bromo tetap level II atau waspada. Sehingga pengunju...
Sabtu, 28 November 2020 22:34 WIB
Oleh: M Mas’ud Adnan --- Nahdlatul Ulama (NU) punya khasanah (bahasa) baru: Neo Khawarij NU. Istilah seram ini diintroduksi KH Imam Jazuli, LC, MA, untuk mestigmatisasi kelompok kritis NU: Komite Khittah Nahdlatul Ulama (KKNU). Khawarij ...
Sabtu, 28 November 2020 15:26 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*39. walawlaa idz dakhalta jannataka qulta maa syaa-a allaahu laa quwwata illaa biallaahi in tarani anaa aqalla minka maalan wawaladaanDan mengapa ketika engkau memasuki kebunmu tidak mengucapkan ”Masya Allah, ...
Sabtu, 28 November 2020 12:00 WIB
>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Prof. Dr. KH. Imam Ghazali Said, M.A.. Kirim WA ke 081357919060, atau email ke bangsa2000@yahoo.com. Jangan lupa sertakan nama dan alamat. <<&l...