Sambangi 2 SDN Terpencil, Pj. Bupati Sidoarjo Disambati Fasilitas Internet

Sambangi 2 SDN Terpencil, Pj. Bupati Sidoarjo Disambati Fasilitas Internet PELOSOK: Pj. Bupati Sidoarjo saat mengunjungi SDN Gebang 2 di Dusun Pucukan, Selasa (20/10). foto: ist.

SIDOARJO, BANGSAONLINE.com - Penjabat (Pj) Hudiyono mengunjungi dua SDN terpencil di Sidoarjo, yakni SDN Gebang 2 di Dusun Pucukan Kecamatan Sidoarjo, dan SDN Sawohan 2 di Dusun Kepetingan Kecamatan Buduran, Selasa (20/10).

"Ada tiga permintaan dari para guru dan masyarakat Dusun Pucukan. Pertama renovasi sekolah, fasilitas internet, dan ketiga, akses jalan darat yang menghubungkan Dusun Pucukan dengan dusun lainnya," cetus Hudiyono.

Soal akses jalan darat, Hudiyono menyatakan, Pemkab Sidoarjo sudah membangun jalan paving, namun saat ini memang belum tersambung ke dusun lainnya. "Hasil kunjungan ini akan kita bahas bersama dengan dinas terkait," bebernya.

Diketahui, SDN Gebang 2 dan SDN Sawohan 2 disebut terpencil dari Kota Sidoarjo. Hal ini karena untuk menuju lokasi dua SDN itu, harus melalui jalur air. Sebab, jalur darat kondisinya kurang layak.

Bahkan saat musim hujan, tidak bisa dilewati kendaraan. Untuk jalur air, harus naik perahu sekitar 45 menit perjalanan dari Kota Sidoarjo menuju kedua SDN tersebut.

Saat mengunjungi dua SDN ini, Hudiyono mengapresiasi upaya guru-guru yang tetap peduli terhadap anak didiknya, dengan mengajar tatap muka. Sebab, belajar secara daring terkendala sinyal internet dan rata-rata siswa tidak memiliki HP.

Untuk mengejar kurikulum supaya tidak tertinggal, siswa masuk sekolah seperti biasa hanya saja tidak penuh. Di SDN Gebang 2 misalnya, diberlakukan sekolah satu minggu, kemudian minggu berikutnya belajar di rumah dengan membawa tugas yang diberikan wali kelasnya.

"Keputusan belajar tatap muka di masa pandemi ini atas dasar keputusan hasil musyawarah antara guru dengan para wali kelas. Jumlah siswa juga tidak banyak, satu kelas hanya rata-rata 5 siswa saja," cetus Kepala SDN Gebang 2, Hariyono saat kunjungan Pj.

Sebagai informasi, Dusun Pucukan masuk dalam wilayah Kelurahan Gebang, Kecamatan Sidoarjo. Dusun ini terletak paling ujung timur wilayah Sidoarjo, dengan jumlah penduduk 153 orang, 47 kepala keluarga (KK). Mayoritas penduduknya mata pencahariannya sebagai nelayan. Akses internet belum masuk dan jalan darat tidak bisa dilewati jika musim hujan.

Agak berbeda dengan SDN Sawohan 2, seluruh bangunan sekolah ini sudah terbuat dari dinding dan relatif luas. SDN 2 Sawohan jadi satu sama SMPN Satu Atap Buduran. Sedangkan Dusun Kepetingan termasuk wilayah Kecamatan Buduran. Kendalanya sama dengan SDN Gebang 2, jaringan internet kurang bagus. (sta/ian)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO