Kembangkan Wisata Religi, Pemkab Sidoarjo Bakal Bangun Dermaga di Kepetingan

Kembangkan Wisata Religi, Pemkab Sidoarjo Bakal Bangun Dermaga di Kepetingan SEADANYA: Perahu motor yang dinaiki Pj Bupati Hudiyono dan rombongan saat bersandar di Dusun Kepetingan, Selasa (20/10). foto: istimewa

SIDOARJO, BANGSAONLINE.com -  bakal membangun dermaga untuk mengembangkan wisata religi makam Dewi Sekardadu, di Dusun Kepetingan Desa Sawohan Kecamatan Buduran.

Setiap hari libur, terutama hari Minggu, makam ini ramai dikunjungi para peziarah. Di makam Ibu dari Sunan Giri ini, setiap tahun menjadi jujugan nelayan kupang Desa Balongdowo Kecamatan Candi saat melakukan ritual Nyadran.

Ratusan bahkan ribuan peziarah datang pada waktu masuk bulan Maulud Nabi Muhammad SAW atau 1 Muharram.

Menurut Penjabat (Pj) Bupati Sidoarjo Hudiyono, potensi daya tarik wisatawan untuk datang ke makam Dewi Sekadadu ini cukup tinggi. Sehingga perlu adanya sentuhan dan konsep pengembangan wisata religi, termasuk wisata air. Jika banyak pengunjung yang datang ke sini, otomatis potensi usaha makanan atau kuliner juga jalan.

"Dermaga juga harus dibangun karena saya melihat tadi waktu perahu sandar penumpang kesulitan untuk turun. Saya sudah minta Camat Buduran segera melakukan koordinasi dengan dinas terkait membuat konsep pengembangan wisata di Kepetingan ini," cetus Hudiyono saat berkunjungan ke Dusun Kepetingan, Selasa (20/10).

Diketahui, musala yang ada di komplek makam Dewi Sekardadu jika musim hujan datang selalu kebanjiran. Warga mengusulkan kepada Pj Bupati Hudiyono untuk merenovasi dengan ditinggikan satu meter lagi supaya tidak banjir.

“Untuk renovasi peninggian musala akan kita kerjakan tahun ini. Tadi saya sudah mendapat laporan warga kalau musim hujan musala di makam Dewi Sekardadu selalu banjir sampai masuk ke dalam. Kita akan tinggikan sekitar satu meter lagi," tandas Hudiyono. (sta/dur) 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO