Pemuda Desa Kayen Kidul Sulap Sungai Menjadi Sebuah Tempat yang Menarik dan Instagramable

Pemuda Desa Kayen Kidul Sulap Sungai Menjadi Sebuah Tempat yang Menarik dan Instagramable Sungai Jegles di Desa Kayen Kidul kini berubah jadi sebuah tempat yang menarik dan instagramable. (foto: Kominfo)

KEDIRI, BANGSAONLINE.com - Di sudut Desa Kayen Kidul, Kecamatan Kayen Kidul, Kabupaten Kediri, terdapat sebuah sungai kecil yang dulunya difungsikan untuk irigasi pertanian. Namun di tangan para pemuda desa, sungai tersebut kini disulap menjadi sebuah tempat yang menarik dan instagramable.

Hanya bermodalkan semangat dan tekad untuk memajukan perekonomian warga, para pemuda Desa Kayen Kidul bergotong royong membangun satu per satu tempat di pinggiran Sungai Jegles. Dengan menggunakan bambu yang didapat dari lokasi pula, pertama kali mereka membuat sebuah warung berukuran 4 meter persegi. Di warung ini tersedia berbagai makanan tradisional maupun kekinian yang harapannya dapat disukai oleh pengunjung.

Kemudian, sisa bambu dari pembuatan warung digunakan untuk membuat meja kursi. Uniknya, penataan tempat makan dan nongkrong ini berada di tengah aliran sungai yang arusnya tidak terlalu besar. Oleh para pemuda, lokasi ini diberi nama Kalje, yang merupakan kepanjangan dari Kali Jegles.

"Harapan kami nama itu lebih mudah dikenal, sehingga masyarakat akan merasa familiar dengan sebutan Kalje," kata Nunung Tri Hanurani, pendamping Kalje.

Tanpa disangka-sangka, datang pengunjung dari berbagai wilayah di Kabupaten Kediri yang penasaran dengan tempat ini. Bahkan warga dari luar Kabupaten Kediri ini pun datang ke Kalje, seperti Kabupaten Nganjuk dan Kabupaten Jombang.

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO