Inilah Potensi Geopark Tulungagung yang Diusulkan Jadi Geopark Nasional

Inilah Potensi Geopark Tulungagung yang Diusulkan Jadi Geopark Nasional

TULUNGAGUNG, BANGSAONLINE.com - Sebanyak 10 Geoheritage dan 13 keragaman budaya (Cultural Diversity) dan 4 keragaman hayati (Bio Diversity) telah diusulkan menjadi Geopark Nasional.

Dalam hal ini, Pemerintah Kabupaten turut terlibat dalam kajian penelitian, kemudian dijadikan dasar usulan dan Geopark agar mendapatkan pengakuan resmi, bahwa harta karun terpendam dari taman bumi ini layak sebagai ikon Geopark Nasional.

Menurut Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kabupaten , Maryani, sebanyak 27 potensi yang telah diusulkan ke pemerintah pusat.

"Dalam kajian penelitian teridentifikasi 10 Geoheritage dan terdapat pula 13 Cultural Diversity, 4 Bio Diversity tertuang dalam naskah akademik usulan dan ke Pemerintah Pusat untuk ditetapkan sebagai Geopark Nasional," katanya pada kegiatan seminar nasional di gedung pertemuan Hotel Crown Victoria, pada Kamis (12/11).

Maryani menjelaskan bahwa, merupakan sebuah konsep pengembangan wisata baru yang mengacu pada kawasan yang dapat memberikan pengaruh konservasi, edukasi, dan kesejahteraan masyarakat.

"Pada kesempatan pelaksanaan seminar ini, kami sekaligus memperkenalkan potensi Geopark hasil kajian kerja sama dengan tim ahli geologi dan dari UPN Veteran Yogyakarta," terangnya.

Terpisah, Bupati , Maryoto Birowo menyampaikan keikutsertaan Kabupaten untuk menjadi supaya ada kawasan yang harus tetap dilestarikan dan dijaga keberadaannya.

Lihat juga video 'Pria di Tulungagung Pepet Perempuan Pengendara Motor Sambil Masturbasi ':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO