Smelting Tanam Ratusan Pohon Langka di Taman Prambangan Kebomas

Smelting Tanam Ratusan Pohon Langka di Taman Prambangan Kebomas Bupati Sambari bersama jajaran Forkopimda dan Direksi Smelting saat tanam pohon langka di Taman Prambangan. foto: SYUHUD/ BANGSAONLINE

GRESIK, BANGSAONLINE.com - bekerja sama dengan Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Gresik melakukan penanaman ratusan pohon langka di Taman Prambangan, Desa Prambangan, Kecamatan Kebomas, Sabtu (21/11/2020) pagi.

Kegiatan ini dihadiri Bupati Gresik Sambari Halim Radianto, Ketua DPRD Moh. Abdul Qodir, dan pejabat Forkopimda.

Menurut Assisten Section Manager General Affairs , Indra Junor, penanaman ratusan pohon langka ini dalam rangka memperingati Hari Pohon se-Dunia (Internasional). Kegiatan ini juga bentuk Corporate Social Responsibility (CSR) untuk menginisiasi Ruang Terbuka Biru (RTB) di Kabupaten Gresik.

"Penanaman pohon langka dan inisiasi RTB hanya sebagian dari program kepedulian Smelting yang pabriknya ada di Gresik. Kami akan terus berkomitmen melakukan konservasi lingkungan dan keanekaragaman hayati," ujar Indra.

Dikatakan dia, ratusan pohon langka itu di antaranya, pohon Kenitu, Nam Nam, Juwet, Mundu, Kawisto, Sawo, Matoa, Keppel, Keres, dan lainnya. RTB tersebut nantinya selain ditanami pohon langka, juga akan dilengkapi kolam yang berfungsi untuk resapan air di saat hujan, sekaligus berfungsi sebagai hunian untuk aneka ragam hewani.

Sebelumnya, lanjut Indra kegiatan serupa pernah dilakukan Smelting saat mendapatkan tugas dari Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa untuk menghijaukan lahan yang disiapkan untuk Bumi Perkemahan Pramuka di Desa Kambingan Kecamatan Cerme.

Saat itu, lanjut Indra, Gubernur bersama Bupati Gresik dan perwakilan pramuka memimpin penanaman sendiri dengan tujuan agar anak-anak pramuka mengenal keanekaragaman hayati.

"Di Gresik sendiri CSR Smelting untuk kegiatan lingkungan hidup dan keanekaragaman hayati tak hanya dengan menanam pohon langka, tapi juga menghijaukan hutan bakau di delta sungai Leweyan Desa Pangkah Kulon Kecamatan Ujungpangkah seluas 3,3 hektare," terangnya.

Selain di Jawa Timur, kata Indra, di Jawa Barat Smelting bekerja sama dengan Taman Safari Bogor melakukan pembiakan Elang Jawa karena populasinya makin habis. "Hasil pembiakan Elang Jawa kelak akan dilepas di Taman Nasional Gunung Gede Pangrango di Sukabumi," jelasnya.

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO