Sabtu, 23 Januari 2021 20:24

Peringati HGN, Pemkab Sumenep Komitmen Cetak Anak-anak Bekarakter Kebudayaan

Rabu, 25 November 2020 17:45 WIB
Editor: Yudi Arianto
Wartawan: Alan Sahlan
Peringati HGN, Pemkab Sumenep Komitmen Cetak Anak-anak Bekarakter Kebudayaan
Bupati Sumenep, Busyro Karim menerima penghargaan dari Leprid.

SUMENEP, BANGSAONLINE.com - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sumenep terus berkomitmen untuk membangun pendidikan yang berkarakter, serta melestarikan serta mewariskan aset kebudayaan leluhur kepada generasi muda.

Hal ini disampaikan Bupati Sumenep Dr. KH. A. Busyro Karim saat memimpin Apel Peringatan Hari Guru Nasional (HGN) tahun 2020 di Kantor Bupati, Rabu (25/11/20).

Dalam sambutannya, ia meminta para guru mengakrabi murid-muridnya dengan budaya lokal Sumenep dalam proses pembelajaran. Hal itu guna membentuk karakter dan moral anak yang berkepribadian.

“Pendidikan budaya lokal itu untuk mencetak anak-anak yang berkarakter kebudayaan,” kata Bupati Busyro 

Diharapkan, lembaga pendidikan memanfaatkan budaya lokal dalam pembelajaran sebagai materi ataupun pembelajaran muatan lokal Kabupaten Sumenep. Sehingga tercetak generasi yang memiliki tanggung jawab menjaga warisan budaya leluhurnya.

“Pembelajaran muatan lokal dilakukan dalam upaya mencetak anak-anak berkepribadian dan bermoral baik, sekaligus sebagai upaya melestarikan Sumenep yang berkarakter kebudayaan,” tandasnya.

Pelaksanaan Apel Peringatan Hari Guru Nasional (HGN) tahun 2020 di Kabupaten Sumenep dilaksanakan secara sederhana dengan jumlah peserta sangat terbatas. Namun, di HGN kali ini ada yang istimewa bagi dunia pendidikan di Kabupaten Sumenep.

Di HGN tanggal 25 November 2020, Lembaga Prestasi Indonesia Dunia (Leprid) memberikan piagam penghargaan pemecahan rekor dunia yang dianugerahkan kepada Bupati Sumenep, Dr. KH. A. Busyro Karim, M.Si. atas prestasi Pemrakarsa Rekor Dunia Pagelaran Macapat Terlama 75 Jam Nonstop yang diikuti oleh group terbanyak. 

Juga kepada Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Sumenep, Drs. Ec. Carto, M.M. atas prestasi Inisiator Rekor Dunia Pagelaran Macapat Terlama 75 Jam Nonstop diikuti oleh group terbanyak dalam rangka HGN tahun 2020.

Penyerahan piagam penghargaan pemecahan rekor dunia itu dilakukan oleh Ketua Umum dan Pendiri Leprid, Paulus Pangka, SH kepada Bupati dan Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Sumenep seusai Apel Peringatan HGN tahun 2020.

Dalam peringatan Hari Guru Nasional tahun 2020, dihaharapkan dengan momentum itu harus semakin menumbuhkan rasa menghormati perjuangan para guru dalam upaya membangun bangsa yang beradab, unggul dan maju. Karena menurutnya, kunci kemajuan peradaban adalah pendidikan, dan kunci kemajuan pendidikan adalah para guru. (aln/ian)

Disnak Jatim Pastikan Telur yang Beredar Aman dan Sehat untuk Dikonsumsi
Rabu, 20 November 2019 13:57 WIB
Kepala Disnak Jatim, Wemmi Niamawati melakukan kampanye telur ayam Jawa Timur sehat, bebas zat beracun bersama staf di halaman Kantor Disnak Jatim.Dinas Peternakan Provinsi Jawa Timur dengan melaksanakan kampanye "Telur Ayam Jawa Timur Sehat Bebas Za...
Kamis, 07 Januari 2021 16:58 WIB
PAMEKASAN, BANGSAONLINE.com - Federasi Panjat Tebing Indonesia (FPTI) Kabupaten Pamekasan dalam masa pandemi ini tetap bertekad memberikan wahana hiburan rekreasi sekaligus olahraga, terutama bagi anak-anak dan usia dini.Melalui kapasitas dan potensi...
Minggu, 17 Januari 2021 10:07 WIB
Oleh: M. Aminuddin --- Peneliti Senior Institute for Strategic and Development Studies (ISDS)--- Di awal tahun 2021 ini Kemendikbud telah merelease tekadnya untuk melanjutkan apa yang disebutnya sebagai transformasi pendidikan dan pemaju...
Sabtu, 16 Januari 2021 19:54 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*50. Wa-idz qulnaa lilmalaa-ikati usjuduu li-aadama fasajaduu illaa ibliisa kaana mina aljinni fafasaqa ‘an amri rabbihi afatattakhidzuunahu wadzurriyyatahu awliyaa-a min duunii wahum lakum ‘aduwwun bi/sa lil...
Sabtu, 26 Desember 2020 12:03 WIB
Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam tentang kehidupan sehari-hari. Diasuh Prof. Dr. KH. Imam Ghazali Said, M.A, Dekan Fakultas Adab dan Humaniora Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya (UINSA) dan pengasuh Pesantren Mahasiswa An-Nur Wono...